200 Pengurus SENKOM MITRA POLRI Se-Babel Periode 2019 – 2024 Dilantik

KORANFORUM.COM, PANGKALPINANG – Sekitar 200 Pengurus Senkom Mitra Polri (MP) se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) periode 2019 – 2024 dilantik, Selasa (10/4/2019) di Pangkalpinang, Babel.

Kegiatan Pelantikan Pengurus Senkom Mitra Polri se Babel ini, yaitu Senkom MP Kota Pangkalpinang, Senkom MP Kabupaten Bangka, Senkom MP Bangka Barat, Senkom MP Bangka Tengah, Senkom MP Bangka Selatan, Senkom MP Belitung dan Senkom MP Belitung Timur.

Pelantikan ini, diikuti Sebanyak 200 anggota Senkom MP se-Provinsi Kepulauan Babel, dimana acara digelar di Gazebo Polda Kepulauan Babel.

Kali ini, pelantikan mengangkat tema, “Pembinaan Senkom Mitra Polri Dalam Rangka Cipta Kondisi Aman Terkendali Pileg dan Pilpres 2019′.

Hadir dalam pelantikan tersebut, Pembina DPP Senkom MP, IrjenPol (Pur) Drs.Sriyono, M.si, Waketum Untung Maulana, Kapolda Kepulauan Babel dan Wakapolda Kepulauan Babel.

Kegiatan berlanjut penyampaikan materi disampaikan oleh, Kasrem Garuda Jaya 045, Letkol inf Uchi Thambayong, Karo SDM Polda Kepulauan Babel, Wakadirbinmas Kep Babel AKBP Eko Budi Susilo, SIK.

Pembina Pusat Senkom Mitra Polri, Irjen Pol Purn Sriyono, M.Si, saat pelantikan mengatakan, Senkom Mitra Polri merupakan ormas yang tidak terikat dengan partai politik. Ada sekitar dua juta anggota di seluruh Indonesia menjalankan visi-misi, sehingga seluruh ormas di Indonesia nantinya akan berkaca kepada Senkom Mitra Polri.

Dilanjutkannya, para calon-calon anggota wajib mengikuti persyaratan, diantaranya, tidak boleh merokok.
Tentunya, agar sehat dan efisien dari sisi ekonomi, harus bersih dan mandiri terlebih dahulu sebelum masuk menjadi Anggota Senkom, mempunyai penghasilan sendiri.

“Dengan demikian, mereka akan mengabdi secara ikhlas karena tidak terbebani persoalan ekonomi pribadi. Terlebih, banyak kegiatan Senkom Mitra Polri yang diadakan secara swadaya oleh para anggotanya,” terang Purnawirawan Polri Berpangkat Bintang Dua ini.

Lebih lanjut dijelaskannya, Senkom bisa berperan menjembatani komunikasi antara masyarakat dengan Polri. di samping itu, Senkom Mitra Polri juga menjalankan fungsi-fungsi sosial, antara lain ikut serta dalam aksi menangani korban bencana alam seperti, banjir, longsor, gempa bumi, hingga tsunami.

Sedangkan Kapolda Kepulauan Babel, dalam sambutannya mengatakan, Senkom adalah organisasi masyarakat yang profesional dan salah satu organisasi swadaya dan swakarsa, yang mampu mengelola organisasi secara profesional baik SDM, sarana prasarana dan metodenya.

“Senkom tentunya telah menunjukkan eksistensinya dalam beberapa agenda dan momentum nasional dalam membantu menjaga situasi kamtibmas dan kita harap ini saling bersinergi untuk menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan damai,” ucap Kapolda.

Melalui acara ini, Kapolda berharap, Senkom berperan serta aktif ikut bersumbangsih dan berkontribusi dalam agenda momentum nasional seperti Pemilu 2019 mendatang.

“Sesuai dengan deklarasi ini, menunjukkan bentuk suport dan komitmen dari Senkom untuk ciptakan Pemilu aman damai dan bersih dari hoax, ujaran kebencian dan isu sara,” harap Kapolda.

Pada penghujung acara, 200 anggota Senkom MP se-Provinsi Kepulauan Babel, menerima pembaretan di Pantai Pasir Padi, Pangkal Pinang, Babel.

(ibrahim)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *