Upacara Peringatan HUT Ke 73 TNI AU Di Biak

KORANFORUM.COM, PAPUA — Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 73 Angkatan Udara, Tanggal 9 April, merupakan momentum yang tepat untuk melestarikan nilai-nilai historis perjuangan TNI AU sejak awal berdiri, serta sebagai evaluasi atas pencapaian yang telah diraih TNI AU sampai hari ini.

Demikian kata sambutan Kepala Staf Angkatan Udara (KASAU), Marsekal TNI Yuyu Sutisna SE, MM, yang dibacakan oleh Kaskoopsau III Marsma TNI I Wayan Sulaba S.Sos, M.Sc, mewakili Pangkoopsau III Marsma TNI Andyawan Martono P., S.I.P, selaku Inspektur Upacara pada Upacara HUT ke-73 TNI AU, di Apron STAB Lanud Manuhua Biak, (9/4/2019).

Lebih lanjut Kasau dalam sambutannya, mengungkap pernyataan Presiden Soekarno pada peringatan ke-9 Hari AURI, dimana saat itu Bung Karno menyatakan, “Kuasailah udara untuk melaksanakan kehendak nasional, karena kekuatan nasional di udara adalah faktor yang menentukan dalam perang modern”.

Pernyataan itu menegaskan, bahwa TNI Angkatan Udara memiliki peran yang sangat strategis dalam rangka menegakkan kedaulatan Negara.

Untuk itu, peran penting TNI Angkatan Udara tersebut harus kita implementasikan dalam tugas dan pengabdian kita sehari-hari.

Kasau juga menyampaikan, bahwa apresiasi atas kinerja seluruh personel TNI AU, karena selama tahun 2018 dan triwulan pertama 2019 ini, tidak ada peristiwa accident yang terjadi.

Kasau juga berharap dapat terus mengembangkan safety culture dan mempertahankan kondisi Zero Accident, serta mempercepat program pengadaan alutsista, memperkuat organisasi dan system pertahanan udara, juga pembangunan Network Centric Warfare.

Sedangkan terkait Pemilu mendatang, Kasau menegaskan kepada seluruh personel TNI AU, agar dapat menjaga soliditas dan sinergitas, baik di Internal TNI AU, antar angkatan, serta antar lembaga pemerintahan, termasuk dengan Polri.

Selain itu, ditekankan kepada seluruh personel TNI AU untuk memegang teguh komitmen netralitas dalam Pemilu Tahun 2019.

Terakhir, untuk menggugah semangat para prajurit TNI AU, Kasau berpesan kepada seluruh prajurit TNI AU, agar mewujudkan mimpi-mimpi dari sekarang, mulai dari diri sendiri, hingga dimanapun kalian berada, serta apapun pangkat dan jabatan kalian, dimana mimpi kalian akan terwujud dengan karakter hebat yang kalian miliki.

“Masa depanmu, masa depan Angkatan Udara, lanjutkan perjuangan ini dengan professional, militan dan penuh inovasi. Karyamu akan dikenang dan diteruskan, ibarat pepatah “Harimau mati meninggalkan belang, gajah mati meninggalkan gading”, yang berarti prajurit mati meninggalakan tonggak sejarah bagi anak cucu kalian,” tegas Kasau.

Turut hadir pada Upacara Peringatan HUT Ke 73 TNI AU, di Apron STAB Lanud Manuhua Biak ini, antara lain para pejabat satuan-satuan TNI AU di Biak, mulai dari Koopsau III, Lanud Manuhua, Kosekhanudnas IV, Batalyon 468 Sarotama, Satrad 242 Tanjung Warari, para ibu PIA AG D.III Koopsau IIII dan para ibu IKKT Kosekhanudnas IV. (*)

 

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *