Kukuhkan Joni Jadi Ketua, Sekber Pers Babel Gelar Rapat Internal

KORANFORUM.COM, BELITUNG — Aktifis Pers Babel, Joni Arsyah S.Sos, dikukuhkan sebagai Ketua Sekretariat Bersama Pers Bangka Belitung (Sekber Pers Babel) dalam rapat internal Mandataris Pengurus Sekber Pers Babel, Selasa (19/2/2019) malam.

Pengukuhan Joni sebagai Ketua ini, dilakukan oleh para Pengurus Sekber Pers Babel, saat menggelar rapat internal yang ke tiga, di Kediaman Ketua Sekber Pers Babel Joni Arsyah, beralamat di Jalan Jend. Sudirman, Kelurahan Pangkalalang, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, Provinsi Bangkabelitung (Babel).

Saat rapat internal itu, juga mengukuhkan sejumlah nama jurnalis dari berbagai organisasi pers untuk menduduki posisi para Wakil Ketua Sekber Pers Babel, yaitu Drs. Rully Palala sebagai Wakil Ketua I, sedangkan Wakil Ketua 2 diemban oleh Fachrudin Victor, lalu Wakil Ketua 3 dipercayakan kepada Melky, kemudian Wakil Ketua 4 diemban oleh Sahrus Salis dan Wakil Ketua 5 dipercayakan kepada Iskandar, serta Wakil Ketua 6 dijabat oleh Jasman, SE.

Sedangkan posisi Sekretaris Sekber Pers Babel diamanahkan kepada Lucky Dwi H, sementara untuk jabatan Bendahara Sekber Pers Babel, diserahkan kepada Budi Setiawan dan dibantu seorang Wakil Bendahara, yaitu Ny. Suci Akbari.

Lalu untuk Jabatan Kepala Biro Hukum, Advokasi dan HAM, dipercayakan kepada Welly, SH dan Indra Gunawan.

Adapun para wartawan lainnya yang telah ditetapkan sebagai Kepala dan Sekretaris Biro, pada rapat sebelumnya, tak ada perubahan posisi.

Memang pada rapat ketiga Sekber Pers Babel ini, dihadiri sekitar 20 jurnalis dari berbagai organisasi pers dan perusahaan pers yang beroperasi di Wilayah Provinsi Babel, diantaranya PWI (Persatuan Wartawan Indonesia), AWI (Aliansi Wartawan Indonesia), PWRI (Persatuan Wartawan Republik Indonesia), AWPI (Asosiasi Wartawan Profesional Indonesia), FORJIMS (Forum Jurnalis Media dan Siber), HPI (Himpunan Pewarta Indonesia) dan lainnya.

Adapun keputusan untuk pengukuhan posisi ketua, para wakil ketua dan kepala biro, ditetapkan secara bersama didalam rapat tersebut.

Diantara para jurnalis yang hadir dalam rapat ketiga Pengurus Sekber Pers Babel ini, terdapat juga nama Teddy Aprianto, Bambang, Ny.Nining, serta Kabiro Satgas Sekber Pers Babel, Suganda, didampingi anggota Satgas, yaitu Andrey Yogusta, Sudarsono dan Iis Rezki.

Namun dalam rapat kali ini, juga membahas tentang pematangan pengurus Sekber Pers Babel, Program Kerja, pemenuhan legalitas, penetapan jadwal dan persiapan deklarasi dan pelantikan pengurus sekber, serta realisasi program ‘Pers Peduli Sosial’ dalam rangka Hari Pers Nasional Tahun 2019 ini.

Setelah dikukuhkan dalam rapat itu, Ketua Sekber Pers Babel, Joni Arsyah S.Sos, mengatakan bahwa rapat ketiga saat ini, sebagai tindaklanjut atas sejumlah pertemuan sebelumnya, dimana dalam rapat yang ketiga ini, membakukan kepengurusan Sekber Pers Babel, yang selama ini baru berupa draf kepengurusan, serta menetapkan hari dan tanggal rencana kegiatan acara syukuran HUT Pers Nasional 2019, berupa program Pers Peduli Sosial.

“Malam ini, sudah kita tetapkan pengurus Sekber Pers Babel secara permanen untuk periode 2019-2021, serta membahas realisasi acara program Pers Peduli Sosial, yang rencananya bakal digelar acara makan bersama dan memberikan ‘Tali Asih’ kepada anak yatim piatu. Hal ini dimaksudkan, agar Pers tak hanya bisa melakukan kritik sosial saja, melainkan juga turut peduli pada masalah sosial,” ucap Ketua Sekber Pers Babel ini, yang kesehariannya juga sebagai Ketua DPD AWI DPD Bangka Belitung.

Disaat rapat para pengurus Sekber Pers Babel ini, terdapat juga sejumlah pengurus yang mengutarakan gagasan dan pendapatnya atas wawasan dan tupoksi pers, dimana mereka semua ingin agar Sekber Pers Babel ini, benar benar menjalankan tugas pokok dan fungsi pers sebagaimana mestinya, terutama fokus pada apa yang sudah seharusnya dilakukan dan diperjuangkan oleh para anggota Sekber Pers Babel khususnya, serta insan pers pada umumnya.

Dipenghujung rapat, Joni sempat menyebutkan, bahwa Sekber Pers Babel yang dipercayakan untuk dipimpinnya ini, akan menjalankan tupoksinya sesuai aturan perundangan yang berlaku, serta merealisadikan berbagai harapan yang telah disampaikan oleh para pengurus Sekber Pers Babel.

Nantinya, berbagai masukan dan pendapat tersebut, bisa menjadi materi yang lengkap untuk acuan dalam menyusun dan menetapkan program kerja Sekber Pers Babel kedepan. (sahrulsalis)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *