“Membaca The Lawyer, Semoga Memberikan Inspirasi Bagi Pengacara Muda dan Generasi Muda”

PUJI Syukur saya panjatkan tentang Tuhan Yang Maha Kuasa, berkat berkat ridho-Nya, buku Auto-biografi berjudul “Pengacara” ini, dapat diterbitkan.

Sebagai buku ini, merupakan buku kedua saya, di mana sebelumnya, saya telah menulis sebuah buku non fiksi berjudul “Surat Untuk Negeri, Bunga Rampai Pemikiran Hukum dan Politik”.

Lahirnya buku ini, tak bisa lepas dari profesi saya sebagai hakim.

Dapat diketahui, tujuh puluh lima persen, pekerjaan meyakinkan membaca dan menulis. Sementara itu, adalah beracara atau litigasi di kantor kepolisan, pengadilan dan sebagainya.

Namun disela-sela kesibukan saya sebagai syarat, kompilasi ada waktu luang, saya gunakan untuk menulis buku ini.

Berbagai peristiwa apapun selama saya menempuh pendidikan di sekolah SMA, serta perguruan tinggi dari akademika S1, S2 hingga Program Doktoral Ilmu Hukum, terkait atas pembelaan-pembelaan kepentingan hukum klien di dunia peradilan, hampir semuanya saya paparkan dengan gaya menulis novel, sehingga mudah dipahami oleh pembaca.

Karenanya, saya berharap, melalui buku ini, kita bisa menengok kembali suasana dan kisah dulu semasa sekolah di SMA, yaitu adanya berbagai peristiwa, adat-istiadat dan budaya masyarakat di Pulau Belitong, maupun dunia Internasional, bisa secara ringkas dibaca kisahnya meski terjadi pada era tahun 1980-an silam. Seperti film Putri Giok, film Gita Cinta Dari SMA, pernikahan Pangeran Charles dan Putri Diana, dan lain-lain.

Selain itu, dalam buku ini, saya berusaha memberikan pengetahuan ilmu hukum dan dinamika perkembangan hukum, baik itu yang terjadi di tanah air maupun dunia Hukum Internasional.

Bagi saya, sesungguhnya, disaat menulis buku ini, saya merasa sedikit sedih, dikarenakan agak terlambat.

Sebab, banyak diantara guru-guru dan handai taulan yang terdapat dan bersentuhan dalam buku ini, ternyata telah tiada.

Belum lagi ditambah peristiwa-peristiwa yang pernah terjadi di masa lalu, mungkin saja saya tidak bisa mengingatnya kembali.

Makanya, saya merasa harus ada upaya secara perlahan untun mengingat-ingat kembali berbagai peristiwa di masa lalu itu.

Memang untuk mengingat kembali peristiwa-peristiwa yang telah terjadi sekitar lebih dari tiga puluh, dua puluh, sepuluh tahun, maupun beberapa tahun yang silam, bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan.

Namun saya tetap mengharapkan, buku ini sedikit banyak dapat memberikan manfaat bagi kalangan anak muda, terutama yang tertarik pada dunia hukum dan dunia sastra.

Saya juga mengharapkan, buku ini sedikit banyak dapat memberikan inspirasi bagi pengacara muda atau generasi muda, dalam hal mengejar cita-cita.

Pesan saya, jangan sampai cepat putus asa, serta harus senantiasa mempunyai niat hati yang baik. Sebab, saya percaya, orang yang banyak memberi, akan banyak menerima.

Lalu, saya juga menyadari, bahwa tentunya isi dalam buku ini masih terdapat banyak kekurangan. Oleh sebab itu, segala saran dan masukan serta kritik dari para pembaca, sangat saya harapkan, guna dapat memperbaiki buku ini di masa yang akan datang.

Sedangkan latarbelakang dari penulisan buku ini, adalah karena saya seorang Lawyer.

Makanya, saya mengambil judul dari tulisan di dalam buku ini ” THE LAWYER ‘

Buku ini sendiri, diterbitkan oleh RMBOOK (Grup Rakyat Merdeka), yaitu sebuat perusahaan penerbit buku yang berada di Jakarta.

Diharapkan sekali, orang dewasa yang membaca buku ini bisa dari kalangan siswa SMA hingga sarjana S1, S2 maupun S3.

Setelah membaca buku ini, diharapkan akan menambah pengetahuan pembaca dan memberikan inspirasi bagi pembaca.

Sementara ini, penulis belum tahu akan memesan buku ke dua atau tidak dari judul ini, karena belum memiliki ide atau mendukung untuk merealisasikannya kedepan.

Demikian sedikit tambahan informasi dari saya. Semoga bisa memberikan Manfaat dan inspirasi bagi kita semua. Terima kasih.

Jakarta, September 2018

 

Kurnianto Purnama, SH, MH

(Penulis)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *