Pastikan Tak Ada Limbah Kotor Mengalir ke Sungai, Satgas Citarum Sektor 7 Lakukan Penutupan Saluran Pembuangan Limbah IPAL

KORANFORUM.COM, BANDUNG – Pastikan tak ada lagi limbah kotor yang mengalir ke Sungai Citarum, maka Satgas Citarum Sektor 7 melakukan penutupan saluran pembuangan limbah lain dari IPAL Terpadu milik PT MCAB, yang berada di Kawasan Jalan Cisirung, Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Jawa Barat (Jabar), Minggu (5/8/2018).

Dalam hal ini, Dansektor 7, Kol (Kav) Purwadi, menerangkan, bahwa tindakan ini telah sesuai komitmen awal untuk ditutupnya saluran pembuangan limbah IPAL Terpadu PT MCAB, pada Tanggal 23-24 Juli 2018 lalu.

Saat itu, pihak manajemen berjanji akan menghentikan kegiatan selama perbaikan IPAL ini.

“Tapi kenyataannya, pada hari Sabtu (4/8/2018) kemarin, anggota satgas menemukan adanya lubang yang diduga pembuangan limbah, karena terlihat menggelontorkan limbah berwarna hitam pekat. Anggota satgas juga melampirkan bukti berupa foto dan video, selanjutnya dilaporkan ke komando atas, bahwa hari ini, Minggu, (5/8/2018), dilakukan penutupan pada saluran tersebut,” beber Dansektor 7.

Atas dasar itu, lanjut Purwadi, menunjukkan bahwa janji pengelola tidak sesuai komitmen, karena lubang yang diperuntukkan untuk Trial (uji coba) alat pengolah limbah, masih juga mengeluarkan limbah yang hitam pekat.

“Katanya buat Trial, tapi yang keluar kok limbah hitam pekat? apakah itu dari pengolahan atau limbah pabrik yang ditampung dan langsung dibuang,” beber Kol (Kav) Purwadi.

Adanya fakta ini, Purwadi menilai ada pihak yang ditengarainya bersikap kurang terpuji, karena menyepelekan komitmen yang telah disepakati bersama.

“Kalo masih seperti itu, sama saja menyepelekan satgas. Jadi dengan penutupan ini, untuk memastikan tak ada lagi limbah tak sesuai dari IPAL komunal yang mengalir ke Sungai Citarum,” tegasnya.

Berdasarkan pantauan, tindakan tegas yang dilajukan Satgas Citarum ini,  mendapat dukungan dar para aktifis LSM PMPRI.

Karena itu, para aktifis PMPRI ikut memantau dan membantu Satgas Citarum dalam melakukan tindakan penutupan saluran limbah.

(*/rohimat)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *