KKN Mahasiswa UBB di Buluhtumbang, Bakal Kembangkan Objek Wisata Sejarah di Kawasan Monumen Pesawat Jatuh

KORANFORUM.COM, BELITUNG — Praktek Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Bangka Belitung (UBB) di Desa Buluh Tumbang, Kecamatan Tanjungpandan, Belitung, Provinsi Bangka Belitung (Babel), bakal menjadikan Monumen Tragedi Pesawat Jatuh, dikembangkan sebagai Objek Wisata Baru, Desa Buluh tumbang, Belitung.

Tragedi penerbangan pernah mengguncang Pulau Belitong, lebih kurang dua puluh tahun yang lalu tepat tanggal 20 April 1997 silam, terdapat sebuah pesawat milik penerbangan Merpati Nusantara, yang jatuh di Desa Buluh Tumbang, Belitung.

Dari peristiwa ini, sekarang tempat tersebut telah dibangun monumen kenangan yang tidak jauh dari jalan raya desa buluhtumbang. Untuk mengunjungi lokasi ini, pengunjung dapat memasukinya melalui jalan aspal dan dilanjuti menapak jalan berupa tanah kuning.

Lokasi pesawat jatuh yang menjadi tempat monumen sejarah ini, rupanya telah menjadi daya tarik bagi mahasiswa KKN UBB Desa Perawas, untuk mengembangkannya.

Ketua Divisi Ekonomi dan Sumber Daya Manusia KKN UBB, Sisiliana, mengatakan kalau tempat ini bagus untuk dijadikan objek wisata sejarah.

“Belitung hanya memiliki sedikit objek wisata yang mengarah pada wisata sejarah, ini merupakan salah satu cara yang baik untuk mengedukasi masyarakat dalam mengenali sejarah daerahnya,” ungkapnya.

Jadi, katanya, tak mengherankan bila nanti objek wisata sejarah ini dapat mengundang banyak wisatawan, baik lokal maupun mancanegara, untuk berkunjung mencari tau tentang kisah objek wisata desa ini.

Sedangkan Ketua KKN UBB Desa Perawas, Claudya Marsella, menambahkan, bahwa objek wisata sejarah yang digarap ini akan membantu perekonomian masyarakat sekitar. (burhanudin)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *