“Ingatlah, Polri itu Netral, Sehingga Kami Tidak Memihak Salahsatu Paslon Pilkada, atau Partai Apapun!”

Oleh: Murri M Ligtvoet

SAYA Menyampaikan pesan kepada Paslon Pilkada, yang nantinya menjadi pemenang pada Pilkada di Rote Ndao ini, maka setelah adanya ketetapan Pleno KPU Kabupaten Rote Ndao, supaya tidak bersikap euforia yang berlebihan, serta merayakan pesta dan pawai sana sini, apalagi sampai harus bersikap arogan.

Pesan saya,“Menang dan kalah dalam kontestasi Pilkada itu hal yang lumrah, mari yang menang jangan arogan, yang kalah bisa mendukung pemenang dengan kerja keras!”.

Kalaupun ada dugaan pelanggaran atau kecurangan terkait pilkada, menurut saya, bisa dilaporkan melalui mekanisme hukum yang ada. Makanya, “Jangan malah kerahkan massa untuk berbuat anarkis!”.

Untuk itu, kepada siapa pun yang menang, dimana yang menjadi pemenang sebenarnya adalah masyarakat Rote Ndao. Karena itu, saya menilai, pihak yang diberi amanah harus bisa bertanggungjawab dalam mewujudkan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat.

“Perlu diingat, Pilkada menjadi tolak ukur kedewasaan berpolitik masyarakat, yang dapat ditunjukkan dengan tidak mudahnya warga terjebak dalam isu negatif, seperti isu SARA.

Karenanya, Saya pun meminta para calon yang menang dalam pilkada di Rote Ndao ini, bisa menjaga keamanan dan ketertiban. Pilkada adalah awal bagi pengabdian untuk daerah.

“Yang kedua, sebaiknya kalau diunggulkan dan menang, mari sama-sama menjaga, baik itu yang kalah maupun yang menang, menjaga keamanan dan ketertiban. Karena pilkada bukan akhir segalanya. Pilkada ini baru awal pengabdian bagi yang menang, untuk daerah Rote Ndao yang kita cintai ini. Bukan karena menang terus selesai, tidak demikian! Ini adalah babak awal bagi siapa saja untuk mengabdi kepada Bangsa dan Negara, khususnya di wilayah Rote Ndao.

Patut diingat, melontarkan janji sewaktu kampanye, tak akan mudah begitu saja untuk dipenuhi pada saat menang, apalagi masih pada bulan-bulan awal. Perlu selalu waspada, bahwa antusiasme dan kekecewaan, mudah saja berganti posisi seperti membalik telapak tangan. Politik adalah “kuda liar” yang sulit ditunggangi.

Itu terjadi, karena politik memerlukan aneka sumber untuk keberhasilan dalam memenuhi janji-janji tadi. Sumber politik bukan sekadar dana, tapi juga butuh tenaga, waktu, atau kapasitas organisasi, serta juga perlu dukungan informasi, opini publik dan loyalitas para pemilih.

Karena itu,  baik itu, pihak Yang menang atau yang kalah, tak bisa selalu yakin, bahwa semua sumber itu akan selalu ada dan pada saat diperlukan. Sebab, adanya Isu yang bermunculan dari dalam dan luar, akan berpengaruh kepada perilaku sumber tersebut, sebagai pemangku kepentingan.

Saya juga ingin menyampaikan secara tegas, bahwa kami polres Rote Ndao, sudah berusaha dan semaksimal mungkin, dalam menjalankan tugas dan menjaga situasi kondusif dalam setiap tahap pertahap dalam Pilkada, di Rote Ndao ini. Ingatlah, kami Polri Netral, sehingga tidak memihak salahsatu Paslon, atau partai apapun.

Jikalau ada yang beranggapan, bahwa kami Polres Rote Ndao tidak netral, lalu merasa ada pihak yang dirugikan? dimohon secara jantan dan sportif menghadap kepada kami, pihak Polres Rote Ndao, untuk menyampaikan kritik atau saran. Marilah kita berdiskusi bersama, jangan sampai “main belakang” untuk mendapatkan kebenaran, karena tanpa ada didukung dengan bukti-bukti yang ada, lalu langsung meng-Judge, bahwa Kami Polres Rote Ndao tidak netral, itu bisa dinilai sebagai salahsatu ujaran kebencian maupun fitnah, karena diduga tidak senang dengan Kepemimpinan saya selama ini, selaku Kapolres Rote Ndao.

Tolong, jangan sangkut pautkan masalah Pilkada Rote Ndao, dengan adanya dugaan ketidaknetralan kami Polres Rote Ndao, dengan memihak salahsatu Paslon tertentu.

Saya selaku Kapolres Rote Ndao, saya merasa selama ini bekerja sesuai dengan Hati Nurani, Jujur Melayani dan Mengabdi dengan Hati, tanpa ada yang bisa membeli harga diri saya, baik dengan Mata Uang atau iming-iming dengan menjilat sana sini, untuk mencari kedudukan, pangkat dan jabatan, serta mencari sesuap nasi dengan cara-cara picik dan bersikap dengan istilah, “Asal Bapak Senang (ABS) “.

Mohon maaf beribu maaf, bukan karakter saya seperti itu. Tolong ingat, kata-kata saya ini, kepada orang-orang yang telah melakukan bermacam pembusukan dan mencari ketenaran semu dihadapan masyarakat, seolah-olah mereka merasa paling benar, maka ibarat pepatah, “ANDA JUAL SAYA BELI”.

Sudah sekitar 2 Tahun 8 Bulan ini,  Saya Menjabat sebagai Kapolres Rote Ndao, dimana banyak hal yang sudah saya petik dari kehidupan yang indah dan unik dalam hidup bermasyarakat, di Rote Ndao yang saya cintai ini.

Sudah saatnya, kiranya saya mendapat penyegaran di tempat tugas yang baru, dimana saya termasuk juga merupakan Kapolres yang paling senior di NTT, serta juga Kapolres terlama menjabat saat ini.

Namun saya tahu diri, walaupun saya sadar banyak tugas yang belum saya selesaikan, dimana masih banyak masyarakat di sini, yang perlu bantuan dan uluran tangan dengan hati nurani, bukan bantuan dan uluran tangan yang hanya karena minta dipuji, atau ingin mendapat pencitraan yang semu, maupun karena minta kontribusi atau timbal balik, terhadap apa yang sudah saya lakukan.

Jadi tidak usah repot-repot,  atau sibuk sana sini atau menghadap sana sini mencari kesalahan saya, selaku Kapolres Rote Ndao, lalu berusaha dengan kekuatan ANDA untuk melengserkan saya sebagai Kapolres, padahal bulan Juli atau Agustus nanti, toh sudah saatnya saya beralih tugas ke tempat yang baru, jadi jangan repot- repot, hingga seolah-olah saya mutasi? karena usaha dan perjuangan anda untuk melengserkan saya, sehingga nanti Anda bisa “dicap” dan dianggap berhasil, adalah Nol BESAR!.

Perlu diingat juga “HARTA, TAHTA , KEKUASAAN DAN JABATAN, PANGKAT, ISTRI DAN ANAK, SERTA YAN G BERBAU DUNIAWI, ADALAH TITIPAN SEMENTARA, JANGAN ANDA MERASA MEMILIKI”.

SODAMOLEK..
“SALAM PROMOTER
HIDUPLAH BERDASARKAN HATI NURANI – JADILAH MANUSIA YANG BERKARAKTER – JUJUR MELAYANI DAN MENGABDI DENGAN HATI”.

Rote Ndao, NTT,  Tanggal 30 Juni 2018.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *