Dalam kesempatan itu, Ketua KPU Babel, Davitri, mengatakan, pihaknya sengaja mengundang stakeholder yang ada di kabupaten dan kota di Babel ini, baik itu dari pihak kepolisian, pengadilan, Badan Narkotika Nasional, Dukcapil dan Dinas pendidikan di Babel.

“Kami sengaja mengundang semua instansi terkait, untuk mensosialisasikan program terkait persyaratan calon, dimana akan terlibat aktif bersama proses pencalonan DPD RI dan DPRD,” ucapnya.

Dijelaskannya, proses pengurusan syarat pencalonan DPD RI dan DPRD ini, hanya memiliki waktu selama 14 hari saja.

“Proses persyaratan calon, dimulai Tanggal 4 hingga 17 Juli 2018, yaitu batas pengajuan calon DPD RI, dimana Tanggal 4 hingga 17 Juli 2018 itu, adalah Batas pengajuan DPRD provinsi dan kabupaten kota,” ungkap Davitri.

Dia juga berharap, semua stakeholder yang terlibat dalam proses pencalonan Peserta Pemilu 2019, bisa berkerjasama, agar tidak ada permasalahan dikemudian hari.

“Jika dihitung-hitungkan, maka akan ada sekitar 4000 orang yang akan melengkapi persyaratan calon DPD RI, serta DPRD di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini,” jelasnya.

Disebutkannya, setelah semua berkas masuk paling lama Tanggal 17 Juli 2018 mendatang, selanjutnya akan diverifikasi oleh KPU, apakah berkas tersebut memenuhi persyaratan atau tidak? Setelah diumumkan, maka akan ada proses perbaikan selama 10 hari.

“Masa perbaikan dokumen bakal calon dari tanggal 22-31Juli 2018,” ujar Davitri saat ditemui di Hotel Santika Kabupaten Bangka Tengah

Ia juga menjelaskan, pada masa perbaikan tersebut partai politik boleh menggantikan calon yang belum memenuhi persyaratan dengan tetap memenuhi persyaratan ketentuan yang berlaku.

“Selanjutnya KPU Provinsi dan KPU Kabupaten dan Kota akan melakukan verifikasi dokumen perbaikan selama 7 hari dari tanggal 1-7 Agustus 2018,” ujarnya

Selanjutnya KPU akan melakukan penetapan daftar pemilih semantara (DCS). dan/atau mendapatkan masukan atau tanggapan masyarakat terkait bakal calon di media cetak dan media elektronik nasional maupun daerah.

“Setelah itu baru melakukan penetapan calon tetap (DCT) sebagai calon anggota DPD RI dan DPRD,” pungkasnya. (sb/yudi)