Jelang Idul Fitri, PPI Belitung Kompak Dan Peduli Masjid

KORANFORUM.COM, BELITUNG — Pada Hari Minggu, Tanggal 10 Juni 2018 kemarin, Anggota dan Pengurus Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Belitung, berkumpul di Desa Cerucuk, Kecamatan Badau, Kabupaten Belitung, lengkap dengan membawa peralatan berupa Sabit, Parang, dan Cangkul.

Tapi, peralatan yang dibawanya itu, bukan untuk melakukan aksi kekerasan dan penyerangan, namun mereka tengah bersiap untuk membersihkan  pekarangan dan bangunan Surau An-Nur, yang terletak di Jalan Jawa, Desa Cerucuk, Kecamatan Badau, Kabupaten Belitung.

Kegiatan yang mengusung Tema “PPI BELITUNG SILATURAHMI dan BERBAGI” ini, bertujuan untuk merawat dan membersihkan Surau, agar nyaman untuk digunakan masyarakat pada saat Hari Raya Idul Fitri.

Terkadang, seringkali kita menjumpai masjid dan mushala di Indonesia, yang kurang terawat dan tidak terjaga kebersihannya. Terutama masjid dan mushala yang pengurusnya kurang aktif dan jemaahnya sepi. Akibatnya, karpet mushala yang berdebu, kamar mandi yang kotor, tempat wudhu yang berlumut dan halaman yang tidak terawat.

“Hal itu, tentu saja membuat suasana masjid dan mushala menjadi kurang nyaman bagi para jemaah, ketika ingin beribadah,”ujar Ketua Pelaksana M. Harfi Gatra, kepada Media Tabloid Koran Forum (www.koranforum.com).

Kegiatan yang berlangsung hingga siang hari itu, tampak disambut baik dari masyarakat sekitar, dengan didampingi Babinsa Cerucuk, Serma Himawan dan Babinkamtibmas Desa Cerucuk, Bripda Rajab, serta Personel dari Polsek Badau, juga ikut dan berbaur bersama Anggota PPI Belitung untuk bergotong royong dalam kegiatan ini.

Surau yang awalnya terlihat kusam, berdebu dan semaks,  kini menjadi tampak bersih dan rapi, sehingga siap digunakan dengan nyaman untuk masyarakat beribadah.

Lalu, pada sore harinya, dilanjutkan dengan acara Silaturahim Buka Puasa Bersama, di Surau An-Nur, bersama masyarakat dan perangkat Desa.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Camat Badau Robert Horison S.Sos, M.Si, Kades Cerucuk Syamsul Basroni, Babinsa dan Babinkamtibmas Cerucuk, MPO PPI Belitung Eka Rinaldi, serta sejumlah pengurus dan anggota PPI Kabupaten Belitung.
Dalam sambutannya, Camat Badau Robert Horison, S.Sos, M.Si, mengatakan, dirinya merasa bangga dengan terjalinnya sinergitas antara Organisasi Pemuda, Masyarakat, aparatur pemerintah dan aparatur keamanan.

Menurutnya, kegiatan ini bentuk kekompakan, meskipun dalam lingkup kecil di desa. Tetapi ini, adalah contoh bagi semua pihak, dimana dengan terjalinnya kekompakan seperti ini, tentunya menghasilkan sesuatu yang sangat bermanfaat bagi masyarakat.

“Inilah wujud NKRI yang sesungguhnya, dan kegiatan ini menjadi pelajaran bagi kita semua,” ucap Robert.

Dalam acara silaturahim ini, Ketua Umum Pengurus Kabupaten PPI Belitung, Yovie Agustian Putra, A.Ma.Pust, menyerahkan Infaq Masjid berupa uang tunai, perlengkapan shalat dan Alqur’an, untuk Jamaah Surau An-Nur, yang diterima secara simbolis oleh Kepala Desa Cerucuk.

Adapun bantuan ini, berasal dari Donatur yang merupakan Keluarga Besar Purna Paskibraka Indonesia Kabupaten Belitung.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang terlibat dan mendukung kegiatan ini. Semoga bermanfaat bagi masyarakat dan menjadi amal ibadah bagi kita semua, Amiin,” pungkas Yovie. (*)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *