Panwaslu Tarogong Kidul Buka Pendaftaran Calon Pengawas TPS Kelurahan dan Desa

KORANFORUM.COM, GARUT — Panitia Pengawasan Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Tarogong Kidul, Garut, Jawa Barat (Jabar) menggelar Pendaftaran dan Seleksi bagi calon anggota Pengawas TPS Kelurahan dan Desa, di Sekretariat Jalan Terusan Pahlawan Nomor 113 Sukagalih, Senin (28/5/2018) kemarin.

Komisioner Panwaslu Kecamatan Tarogong Kidul, Jejen Zaenal Mutaqin ST, didampingi Aceng Ahmad Rodian, menjelaskan, bahwa para calon Panwas TPS diharapkan melengkapi dokumen persyaratan saat pendaftaraan, diantaranya, WNI berusia paling rendah 25 Tahun, setia pada Pancasila, UUD 45 dan Bhineka Tunggal Ika, berintegritas,
Berkepribadian kuat, jujur, adil, mempunyai keahlian dan kemampuan yang berkaitan dengan penyelenggaran Pemilu, ketatanegaraan, kepartaian dan pengawasan Pemilu.

Tidak haya itu, para calon minimal pendidikan SMA atau sederajat, berdomisili di kelurahan/Desa setempat, mampu secara jasmani dan rohani,  bebas dari penyalahgunaan Narkoba dan mengundurkan diri dari jabatan politik, pemerintahan dan bumn/bumd, pada saat mendaftar. Lalu, tidak pernah dipenjara berdasarkan putusan pengadilan dan telah memmpunyai hukum tetap, dengan pidana penjara 5 tahun atau lebih.

Di wilayah kerja Panwaslu Kecamatan Tarogong Kidul, ada 5 Kelurahan dan 7 Desa, dengan jumlah 378 TPS, dimana nantinya, setiap TPS akan ada 2 orang sebagai pengawasnya.

Hasil seleksi tersebut, akan diumumkan pada 2 Juni 2018, yang akan datang. Lalu,  direncanakan Tanggal 3 Juni 2018, dapat dilantik dan seterusnya mengikuti Bimtek.

Hal hampir senada, diungkapkan Komariah, selaku PPL Kelurahan Sukagalih. Dia menjelaskan, di Kelurahan Sukagalih ada 22 TPS, yang tersebar di 19 RW, dengan jumlah penduduk sekitar 16 ribuan, serta DPT-nya sekitar 99.096 orang.

Komariah berharap kepada Panwas TPS,  punya integritas sebagai relawan sejati, ikhlas dan dapat melaksanakan tugas dan fungsinya, sehingga dalam pelaksanaan sukses tanpa ekses.

Jajaran Panwaslu Tarogong Kidul, Geri Muzayyin, Bagian Divisi Penindakan, Pelanggaran, anggota Hermanto, Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga, anggota Jejen Zaenalutaqin, Bagian Divisi Lembaga dan SDM, kesekretariatan, Wawan Saepulah, pengelola keuangan 1, Haerani, pengelola keuangan 2, Muhlis, Aceng Ahmad selaku staf Divisi Lembaga dan SDM, Iwa Budiman selaku staf Divisi Pencegahan dan Hubal, Angga Kusuma selaku bagian penindakan dan pelanggaran, Wawah selaku bagian keamanan, serta Eti Sunarti selaku bagian Tenaga Pendukung. (wahyudin)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *