Diduga, KPUD Garut Belum Lakukan Cetak Surat Suara

KORANFORUM.COM, GARUT —  Sekertaris KPU Kabupaten Garut, Ayi Dudi Supriadi, pada Hari Rabu (16/5/2018) lalu, sempat menjelaskan, terkait adanya dugaan kesalahan huruf nama pasangan calon (Paslon) Bupati Nomor urut 1, yang seharusnya tertulis huruf ‘Y’, tapi malah tertulis huruf ‘I’.

Patut diduga, penulisan huruf itu, tercantum bukan pada surat suara yang sudah dicetak, tetapi pada desain speciemen surat suara, dimana jika sudah deal dan tidak ada koreksi, baru akan dilakukan pencetakan.

Jadi, dijelaskan oleh Ayi, bila sampai hari ini, KPU Kabupaten Garut, belum melakukan pencetakan, karena harus mengikuti beberapa prosedur, antara lain, penandatanganan SPK antara Pejabat Pembuat Komitmen KPU Kabupaten Garut dengan pihak penyedia jasa, yaitu PT. Temprina Grafika Java Pos, Surabaya, yang  bertempat di Bekasi dan Bali.

Selanjutnya, yaitu Pembuatan desain dan pemarafan oleh masing-masing paslon, serta penyerahan desain kepada pihak penyedia. Prosedur selanjutnya, adalah Print Out Digital Desain untuk di paraf lagi oleh masing-masing paslon.

“Hari ini, KPU, Panwaslu, Polri, TP4D kejari dan Sekretaris KPU, ke Bekasi  untuk memastikan desain surat suara yang sudah diparaf oleh masing-masing paslon. Apakah dari spesifikasi teknis maupun pencantuman nama, sudah sesuai apa belum dengan nama pada e-KTP nya?. Memang, seharusnya sudah harus, sesuai sewaktu mendaftar ke KPU,” ujarnya.

Dikatakan Ayi, apabila desain tersebut sudah berdasarkan pada hasil pengecekan KPU, yang juga disaksikn oleh Panwas dan Tim, maka sudah dianggap benar.

“Lalu, akan dicetak sebagai master surat suara untuk dilakukan pencetakan, sesuai jumlah DPT Plus 2,5% di TPS. Jadi, adanya salah huruf, diketemukan atas hasil kerja tim, sehingga kalau mau dianggap salah, ya kembali ke masing-masing paslon, kenapa sebelum paraf tidak dikoreksi dulu?” ucap Ayi lagi.

Ayi menambahkan, pada kesimpulannya, bakal diulang. Sedangkan adanya kesalahan huruf tersebut, bukan pada hasil pencetakan atau pada master surat suara, melainkan pada konsep desain saja.

“Sedangkan untuk pencetakan surat suara Pilbup Garut, masih menunggu selesainya pencetakan surat suara Pilgub Sumatera Selatan,” pungkasnya. (ajang pendi/wahyudin)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *