Pagelaran Seni Dan Pencak Silat IPSI Dan PPSI Garut, Semarakkan Pemilihan Bupati Dan Wakil Bupati

KORANFORUM.COM, GARUT — Pagelaran Seni dan Budaya Sunda Pencak Silat yang diadakan oleh KPU Kabupaten Garut, Jawa Barat (Jabar), semarakkan acara sosialisasi Pemilhan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2018, yang dilaksanakan di Alun Alun Pendopo, Jalan Ahmad Yani, Garut, Selasa (15/5/ 2018).

Ketua KPU Kabupaten Garut, Hilwan Fanaqi S.IP, dalam sambutan pembukaan acara ini,  menyampaikan ucapan terimakasih kepada para undangan yang hadir, yaitu komisioner KPU beserta anggota, Forkopin Garut Kota, Ketua IPSI, Ketua PPSI, Seluruh Paguron Pencak silat se-Kabupaten Garut, RAMPAK KENDANG dan DRAMA TEMATIK, Dari PAGURON SINAR PUSAKA PUTRA, Pimpinan BAH EME SUGANDA (Alm).

Dijelaskan oleh Hilwan Fanaqi, bahwa Sosialisasi pilkada serentak tahun 2018 ini, dimeriahkan dengan pentas seni pencak silat se Kabupaten Garut, yang merupakan para pesilat, para paguron, para jawara yang akan membantu jalannya pilkada di Kabupaten Garut, agar bersinergi bersama KPU.

Diharapkan, mereka harus siap membantu KPU dalam menjaga keamanan dan kelancaran pilkada serentak pada pemilihan Bupati dan wakil bupati Garut, serta Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat tahun 2018.

Adapun pelaksanaan pemilihan suara, bakal dilakukan serentak pada Tanggal 27 Juni 2018, yang akan datang.

Ditambahkan oleh Hilwan Fanaqi, dengan ditampilkanya pencak silat dari IPSI dan PPSI ini, semoga tetap akan membawa nama baik dan selalu bersinergi dengan pemerintah, serta bisa tetap menjaga nama baik IPSI dan PPSI  yang pernah jaya.

Sedangkan Sekjen Paguron Sinar Pusaka Putra Abdul Rauf, R. FIIRDAUS, S.Pd dan sebagai guru di SMP 3 Bayongbong, juga sebagai Anggota PPS Kelurahan Kota Wetan Kecamatan Garut Kota, mengatakan, dengan adanya KPU Garut menampilkan Pencak silat yang ada di Kabupaten Garut, merupakan wujud kepedualian KPU dan pemerintah terhadap para seniman seniwati di Kabupaten Garut. Diharapkan, agar tetap bisa menjungjung nilai seni yang sudah hampir punah.

Lalu, setelah meninggalnya Abah Eme Sinar Pusaka Putra, maka terus di kembangkan sama keluarga, agar tetap jaya seperti yang pernah dipimpin langsung Bah Eme Suganda, ketika itu.

Sementara Sekjen Sinar Pusaka Putra, mengharapkan adanya kesinambungan dan kekompakan antara paguron yang lainya, sehingga bisa saling memajukan pencak silat yang ada di Kabupaten Garut, serta bisa berprestasi dan tetap jaya.

Dia juga mengharapkan, semua pencak silat bisa selalu bersinergi dengan pemerintah, sebab menurutnya, seni dan budaya merupakan bagian dari prinsip “CIRI URANG SUNDA MASIH AYA”.  (Dede orend)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *