OKKY ASOKAWATI : “SAYA BERHARAP REALISASI PROGRAM KESEHATAN DAN KESRA HARUS ADA KEBERPIHAKAN DARI PEMDA”

#BIAYA KEGIATAN GERMAS BISA DIAMBIL DARI DANA KAPITASI

KORANFORUM.COM, BELITUNG — Pada Hari Rabu, (2/5/2018) lalu telah digelar rapat atas kegiatan reses dari 15 Anggota Komisi IX DPR RI, bertempat di Ruang Sidang Pemkab Belitung.

Adapun rapat itu, mengusung topik bahasan tentang Ketenagakerjaaan dan Kesehatan.

Ketua Tim Reses Komisi IX DPR RI ini, adalah DR. Saleh Partaonan Daulay, MAg, M.Hum, MA. Selain itu, dihadiri juga oleh staf Kemenaker, Arianto Simbolon.

Dari kelimabelas Anggota Komisi IX DPR ini, turut hadir juga Okky Asokawati,L M.Si, yaitu publik mengenalnya selaku mantan Peragawati Indonesia dan sekaligus juga berprofesi sebagai artis yang populer di dunia hiburan Nasional. Kehadiran Okky ini, sempat menjadi perhatian publik.

Pasalnya, kemampuan artis yang masih terlihat cantik diusianya saat ini, dinilai sangat memahami arti pelayanan kepada rakyat, khususnya bidang kesehatan, kesejahteraan dan ketenagakerjaan.

Wartawan media Tabloid Koran Forum (www.koranforum.com) ini, sempat mewawancarai Okky Asokawati, disela kegiatan reses di Belitung. Ai??Memang mantan Peragawati Top Indonesia ini, Ai??saat ini sibuk bekerja sebagai Anggota DPR RI Komisi IX, yang membidangi Kesehatan dan Kesejahteraan Rakyat (kesra).

Kepada wartawan media ini, Okky mengatakan, masalah kesra dalam hal ini kesehatan, sangat terkait dengan tugas dirinya selaku Anggota Komisi IX DPR RI, yang membidangi kesehatan dan kesra. Karena itu, pihaknya Ai??juga bermitra dengan Kementerian kesehatan.

Menurutnya, sudah harus dipikirkan atau harus ada keberpihakan dari pemda, terkait realisasi atas program kesra di daerah ini.

Diungkapkannya, tidak hanya Kabupaten Belitung ini saja, tapi banyak juga pemda lain di kabupaten dan kota di republik ini, ternyata untuk masalah kesra itu, terkesan mereka belum berpihak 100 persen.

Dia menilai, keberpihakan pemda masih ada yang setengah setengah, karena memang terkait kesehatan dan kesra itu hasilnya kan Study Longitudinal, yaitu setelah melalui suatu perjalanan panjang, barulah terlihat hasilnya.

Padahal, kata Okky, dengan hasil pemilu yang langsung, tentunya pimpinan daerah itu inginnya dampak yang langsung, sehingga dirinya berharap agar pemerintah daerah bisa memiliki keberpihakan yang lebih besar lagi, terkait dengan program kesra, Khususnya tentang masalah generasi penerus, yaitu masalah Stanting, kematian bayi dan balita, serta akreditasi puskesmas yang mestinya ada keberpihakan dari pemda setempat.

Disinggung hasil pantauan dirinya terhadap proses pelaksanaan program BPJS di Belitung, maka Okky menjawab, bahwa pelaksanaan program BPJS hampir sama dengan semua propinsi, kabupaten dan kota, dimana puskesmas dianggap kurang melakukan tindakan tindakan ataupun kegiatan kegiatan formulir preventif, yaitu untuk mensosialisasikan perlunya imunisasi, serta mempromosikan hidup sehat.

Lebih lanjut dikatakannya, bahwa sebetulnya dari pusat ada program Germas yaitu kepanjangan dari Gerakan Masyarakat Sehat. Tapi ternyata disini, sangat kecil atau sedikit sekali kegiatan tersebut.

“Sebenarnya, untuk biaya realisasi dari kegiatan tersebut, bisa saja diambil dari Dana Kapitasi. Karena biar bagaimanapun juga, tindakan Preventif masih lebih bagus, daripada mengambil tindakan kuratif,” pungkas Okky.
( yoseph surahman)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *