Dukung Kesuksesan Pilkada Serentak 2018, Mabes Polri Turunkan Tim ke Polres Belitung Untuk Pantau Kesiapan Pengamanan Pilkada

KORANFORUM.COM, BELITUNG — Janji  Polri untuk mendukung kesuksesan dan kelancaran Pelaksanaan Pilkada Serentak 2018 di Seluruh Indonesia, bukan hanya isapan jempol belaka.

Untuk merealisasikan janjinya, Polri melakukan pemantauan terhadap kesiapan pengamanan pada setiap polres di seluruh Indonesia, tak terkecuali pemantauan ini juga dilakukan di Polres Belitung, Polda Bangka Belitung (Babel).

Untuk hal ini, Polri melakukan pemantauan khusus, yang dilakukan langsung oleh jajaran Kepolisian dari Markas Besar (Mabes) Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri).

Terkait kesiapan pengamanan Pilkada Serentak 2018 ini, maka pada Hari Rabu (24/1/2018) lalu, Tim Asistensi Mabes Polri berkunjung ke Pulau Belitong, untuk memantau langsung kesiapan Polres Belitung atas pelaksanaan pengamanan Pilkada Serentak 2018, yaitu Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Belitung 2018-2023.

Adapun Tim Mabes Polri ini, dipimpin langsung oleh Brigjen Pol. Istiono.

Saat itu, begitu Tim Mabes Polri mendarat di Pulau Belitong, langsung mendatangi Kantor Polres Belitung, guna menjalankan tugas pemantauan selama satu hari di Polres yang dikomandani AKBP. Yudhis Wibisana SIK, MH, ini.

Ketika itu, Brigjen Pol Istiono bersama tim, didampingi langsung oleh Kapolres Belitung AKBP Yudhis Wibisana,SIK,MH, melakukan pengecekan Posko Mantap Praja 2018 Polres Belitung, yang merupakan sentral komando pengamanan Pilkada Serentak 2018, di Belitung.

Pada kesempatan itu, selain melakukan pertemuan dengan seluruh pejabat Perwira Polres Belitung, Tim Mabes Polri ini, juga melakukan ceklis dan verifikasi piranti, baik itu sarana maupun prasarana yang ditempatkan di Posko Mantap Brata tersebut.

Lalu, sekaligus dilakukan pengecekan administarsi dan data, serta dokumentasi di posko ini.

Kemudian, setelah melakukan pemeriksaan pada Posko Mantap Brata, Brigjen Pol Istiono, yang juga pernah menjabat Waka Polda Babel ini, sempat memeriksa dari dekat kesiapan personil Polres Belitung, khususnya pasukan Dalmas dan PHH, serta kendaraan taktis, baik itu motor, mobil serta water cenon.

Bahkan saat itu, beberapa Polsek di jajaran Polres Belitung, juga tak luput dari pemeriksaan Brigjen Pol Istiono dan anggota Tim.

Tindakan ini, memang untuk melakukan pengecekan untuk mengetahui sejauhmana kesiapan petugas Polri, baik dari tingkat Polres sampai tingkat Polsek, dalam melaksanakan pengamanan Pilkada Serentak.

Setelah menjalankan tugas pemantauan ini, ternyata Tim Mabes Polri mengungkapkan rasa puas atas kinerja yang ditunjukkan oleh Polres Belitung, dalam pelaksanaan pengamana Pilkada Serentak 2018 ini.

“Saya meminta agar kegiatan pengamanan pilkada serentak ini, terus dipertahankan dan ditingkatkan,” ucap Brigjend Pol Istiono, seusai pemantauan.

Dalam arahannya, Brigjen Pol Istiono meminta jajaran Polres Belitung, agar tetap berada pada posisi sebagai pengamanan utama, selama Pilkada Serentak 2018 ini.

Beliau juga meminta Polres Belitung, agar melakukan koordinasi dengan pihak TNI dan Pemda, serta tetap memelihara hubungan dan komunikasi yang baik, dengan lembaga Pemilu lainnya, seperti KPU dan Panwaslu.

Dalam hal ini, Brigjen Pol Istiono juga menekankan, bahwa pihak Tim Mabes Polri ini, akan terus terjun langsung dan memantau kesiapan polres-polres di seluruh Indonesia, terkait selama pelaksanaan Pilkada Serentak 2018, di seluruh Indonesia, tanpa terkecuali juga di Polres Belitung ini. (riyan)

Sumber : Humas Polres Belitung

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *