Belum Diketahui Penyebabnya, Kapal Dora Schulte Kandas Di Perairan Belitung

KORANFORUM.COM, BANGKA-BELITUNG — Beredar kabar adanya sebuah kapal kandas di sekitar Perairan Pulau Gersik, Belitung, beberapa hari lalu.

Namun saat ini, belum diketahui jenis muatan barang yang diduga ada di dalam kapal tersebut.

Begitu juga penyebab kandasnya kapal di Perairan Pulau Gersik, belum juga di ketahui, termasuk juga tujuan kapal tersebut berlayar dan asalnya dari mana, belum diketahui saat ini.

Belum ada upaya tindakan terhadap kapal tersebut. Namun bila dibiarkan lama-lama kandas di lokasi laut tersebut,  diduga bisa merusak ekosistem bawah laut, berupa terumbu karang yang berada di sekitarnya.

Informasi yang didapat Tabloid Koran Forum (www.koranforum.com), saat ini Kapal DORA SCHULTE yang kandas ini, masih dalam kondisi semula.

Menurut Kades Pulau Gersik, kandasnya kapal tersebut, banyak hal yang bisa berdampak buruknya,  seperti membahayakan lalulintas kapal nelayan, serta kapal-kapal lain yang sedang berlayar.

Kemungkinan lain, bisa saja terjadi bahaya apabila ada muatan minyaknya, karena dikuatirkan tumpah, sehingga bisa terjadi pencemaran lingkungan di kawasan laut tersebut.

Saat awak media ini mencoba konfirmasi ke Basarnas Propinsi Babel, Deden Ridwansah S.sos selaku Kepala Kantor SAR Nasional Babel, menjelaskan via Whatshaap,  bahwa kemarin sore pihaknya dapat informasi dari Kasi Ops Pelabuhan Pangkalbalam, terkait informasi tersebut.

Menurutnya,  pihaknya juga telah mengirimkan gambar posisi kapal dan foto kapal yang kandas.

Sedangkan untuk anak buah kapal (ABK), tidak ada yang mau dievakuasi.

Kemudian, ungkapnya, Sabtu (25/11/17) lalu, KSOP Tanjungpandan sudah bergerak ke lokasi kandas kapal, untuk pengambilan data.

Karena tidak ada ABK yang memerlukan evakuasi, maka pihaknya masih standby di lokasi dan terus meningkatkan kesiapsiagaan,sambil menunggu informasi dari KSOP Tanjungpandan.

IBRAHIM

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *