ASNPBB Menolak KIP Kamila Dipindahkan Ke Perairan Gantung

ALIANSI Solidaritas Nelayan Pulau Belitong Bersatu (ASNPBB) menyatakan dengan tegas, menolak keberadaan KIP Kamila untuk dipindahkan Ke Perairan Gantung, Belitung Timur, Provinsi Bangka Belitung (Babel).

Infonya, rencana pemindahan lokasi KIP Kamila ini, diduga bakal lbersamaan dengan akan dikeluarkannya Surat Izin Olah Gerak (SIOG) KIP Kamila oleh KUPP Manggar.

Maka dengan ini, kami dari Aliansi Solidaritas Nelayan Pulau Belitong Bersatu (ASNPBB) menolak keras rencana kepindahan KIP Kamila ke Perairan Gantung, yang lebih tepatnya diantara Pulau Selanduk dan Pulau Melidang.

Adapun beberapa pertimbangan kami, diantaranya adalah :

1. Kepindahan KIP Kamila ke perairan Gantung tidak sesuai dengan tuntutan aksi masa yang dilaksanakan beberapa waktu lalu.

2. Kepindahan KIP Kamila ke perairan Gantung ini menandakan KUPP tidak peka terhadapa konflik yang sedang terjadi, dan turut serta dalam memperpanjang konflik tambang laut ini.

3. Kepindahan KIP Kamila ke perairan Gantung KUPP tidak memperhatikan psikologis sebagian besar nelayan dan masyarakat Pulau Belitung dimana mereka tidak suka dan tidak ingin KIP masih berada di Perairan Pulau Belitong.

Atas pertimbangan tersebut, kami dengan ini meminta KUPP Manggar,  Beltim, untuk ikutserta menciptakan suasana yang kondusif, agar tidak memancing keresahan dan sikap emosional masyarakat Pulau Belitong.

Lalu, kami juga menyayangkan tidak adanya sikap tegas dari Gubernur Bangka Belitung, terkait rencana pemindahan ini, baik dari sisi tenggat waktu maupun rencana pemindahan ke luar Perairan Pulau Belitong, seperti komitmen yang beliau sampaikan ketika pertemuan dengan beberapa pihak masyarakat Pulau Belitong di Jakarta, baru-baru ini.

Kemudian,  kami dari Aliansi Solidaritas Nelayan Pulau Belitong Bersatu, juga masih akan terus melakukan perlawanan terhadap permasalahan ini, mengingat masih adanya keraguan dari  kami terhadap komitmen Gubernur itu betul terbukti.

Tanjungpandan, 22 -11- 2017

Miftahudin

(Koordinator Aliansi Solidaritas Nelayan Pulau Belitong Bersatu)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *