PERDANA! KODIM 0105/ABAR TABUR 1 JUTA BENIH UDANG VANAME

KORANFORUM.COM, ACEH BARAT — Kodim 0105/Abar secara perdana meresmikan tambak dan penaburan bibit Udang Vaname, di wilayah Aceh Barat, bertempat di Desa Suak Pandan, Kecamatan Samatiga, Kabupaten Aceh Barat Kamis, (16/11/2017).

Tambak udang ini, berada di wilayah Binaan Kodim 0105/Abar, seluas 11 hektar.

Tambak udang ini, merupakan percontohan program dari Presiden RI, yang dibudidayakan di wilayah Kabupaten Aceh Barat, dimana difokuskan di Desa Suak Pandan, Kecamatan Samatiga, merupakan binaan Kodim 0105/Abar.

Komandan Kodim 0105/Abar, Letkol. Inf. Herry Riana Sukma, dalam sambutannya, mengucapkan, banyak terimakasih kepada saudara Amir dan pihak lainnya, yang telah mendukung untuk membudidayakan udang.

Dandim berharap,  semoga saja budidaya pertama ini akan mendapatkan hasil panen yang baik, kepada seluruh masyarakat. Karena itu, dandim harapkan masyarakat untuk lebih semangat lagi dalam budidaya udang ini, karena udang ini merupakan emasnya laut yang harganya lumayan tinggi.

“Saya harapkan kepada masyarakat pantai yang mau berbudidaya udang, untuk mempelajari caranya terlebih dahulu ,apalagi di Aceh Barat ini sudah ada CV, yang membidangi bidang tersebut,” ucap Dandim.

Bapak Amiruddin, selaku pengelola tambak, mengatakan, bahwa sebelumnya, tambak ini gunakan untuk ternak ikan air tawar, seperti ikan lele, Kakap maupun Nila.

Namun dari hasil panen yang diperoleh terkendala dengan pemasaran yang kurang ekonomis.  Namun untuk tambak dan budi daya udang Vaname ini, dapat berjalan berkat kerja sama dengan PT. Sentral Protein Prima, Kodim 0105/Abar dan PT. Mifa Bersaudara.

Dalam kegiatan tersebut, juga dilakukan pemberian santunan kepada anak yatim oleh Dandim 0105/Abar, serta penaburan sebanyak satu juta benih Udang Vaname  di tambak seluas 11 hektar.

Tampak hadir dalam acara tersebut, Kasdim 0105/Abar Mayor Inf. M.Jafar, Staf Ahli Sekdakab Aceh Barat T. Helmi, Kabag Ren Polres Abar AKP Muhajir, Kajari Aceh Barat diwakilli kasat Intel Ronald Reagen, Ka pengadilan di wakili M. Alhudri SH, Pasiter Dim 0105/Abar Kapten Inf. Suryono Efendi, Pasi Intel Kodim 0105/Abar Lettu Inf.Rais, S.Ap, Danramil Arongan Kapten Inf. Wakijo, Danramil 04/Meureubo Kapten Inf Herinizal, Danramil 09 /Samatiga Letda Inf. Azhari, Dan Unit Intel Kodim 0105/Abar Letda Inf. Suna’Im, Wakapolsek  Samatiga Ipda Z. Saragih, Pimpinan PT. Sentral Protein Prima Suryotomo, Para Camat wilayah pesisir Kab. Aceh Barat, Para Danposramil Kodim 0105/Abar, Para Keucik Kec. Samatiga, para Babinsa Kodim 0105/Abar, Satgas PETA, anak yatim serta Masyarakat Ds. Suak Pandan Kec.Samatiga Kab. Aceh Barat. (Muhd)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *