KPAD Babel Kantongi Surat Rekom Pembentukan KPAI Kabupaten dan Kota

KORANFORUM.COM, PANGKALPINANG – Komisioner KPAI Babel, Sapta Qodria Muafi SH, telah mengikuti agenda kegiatan  workshop penguatan kelembagaan Komisi Perlindungan Anak Daerah (KPAD), yang dilaksanakan di Hotel Salak Tower, Bogor, Jawa Barat,  pada Tanggal 26 hingga 28 September 2017, kemarin.

Kegiatan workshop ini,  diikuti seluruh komisioner KPAI yang ada di 34 Provinsi di Indonesia.

Dalam pernyataannya, selaku Komisioner KPAI Babel, Sapta menyampaikan kepada awak media, melalui telepon, Rabu (27/09/17) sore lalu,  bahwa kegiatan tersebut banyak diikuti para peserta dan nara sumber yang memiliki kredebilitas dan berkompeten, baik dari Kementerian Dalam Negeri, KPAI Pusat, serta anggota Komisi VIII DPR-RI, yang membidangi hal tersebut.

“Dalam waktu dekat, mengenai hal ini, dibawah naungan Kemendagri dan KPAI akan mengambil langkah awal yaitu menyurati seluruh Povinsi, kota dan kabupaten se-Indonrsia untuk segera membentuk KPAD di daerah masing-masing,  karena terbilang sangat penting dan mereka akan turun langsung ke daerah-daerah. Hal ini disampaikan didalam kegiatan raker yang telah di lakukan dan diikuti oleh seluruh komisioner KPAD se Indonesia,” ungkap Sapta.

Dikatakan Sapta, dari hasil kegiatan kemarin,  rencananya bakal digelar Rakornas 2018 nanti, dimana kemungkinannya akan dilaksanakan di Musi Banyu Asin, Kabupaten Muba, Sumatera Selatan.

Dalam hal ini juga, KPAI Babel mendapatkan apresiasi dari pihak kemendagri, karena sudah terbentuk dan menjalankan sesuai tupoksinya, hanya tinggal penerapan dan pembentukan di kabupaten dan kota di seluruh Babel.

“Semoga kedepannya kami lebih baik lagi dan bisa bersinergi, KPAD Babel bukanlah sebagai Lembaga persaingan dengan lembaga lainnya. Yang paling terpenting, kita minta dukungan para kepala daerah, baik Walikota dan Bupati untuk secepatnya membentuk KPAI disetiap daerahnya sebagai lembaga pengawas dalam penyelenggaraan perlindungan anak”, harap Sapta.

Ditambahkan Sapta, rekomendasi dari KPAI Babel ke walikota dan bupati pada wilayah 6 kabupaten dan 1 kota, sudah ada ditangan ketua KPAD Babel.

“Tinggal bupati dan walikota menyusun nama-nama yang bakal direkomendasikan ke pusat, karena KPAD sangat penting dalam pengawasan penyelenggaraan perlindungan anak di masing-masing kabupaten dan kota, agar terselenggaranya Provinsi Babel ramah anak,” pungkas Sapta. (okta)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *