Apakah Forum DAS itu?

Oleh: Sugianto, SIP (Ketua Tim Formatur Pembentukan Pengurus Forum DAS Belitung 2017)

FORUM Daerah Aliran Sungai (DAS)  adalah Wadah kemitraan antara Masyarakat dengan pemerintah guna memberikan masukan atau informasi kepada stakeholder tentang keadaan suatu wilayah daratan, yang mana merupakan satu kesatuan dengan sungai dan anak-anak sungai yang berfungsi menampung, menyimpan dan mengalirkan air yang berasal dari curah hujan ke danau atau ke laut secara alami.

Untuk batas di darat merupakan pemisah Topografis dan batas laut sampai dengan daerah perairan yang masih terpengaruh aktivitas daratan.

Dalam kaitan ini,  adapun sikap dan tujuan Forum DAS adalah merealisasikan terwujudnya koordinasi, integrasi, sinkronisasi dan sinergi antar pihak dalam pengelolaan SDA dan lingkungan DAS.

Lalu,  terwujudnya kondisi tata air DAS yang optimal, meliputi jumlah dan kualitas distribusinya.

Selain itu,  juga untuk terwujudnya kondisi lahan yang produktif, sesuai dengan daya dukung dan daya rampung DAS, sehingga bisa terwujudnya kesejahteraan masyarakat.

Dalam melaksanakan tugasnya,  Forum DAS membentuk pengurus,  dimana yang bisa menjadi pengurus ini adalah semua elemen yang peduli, mau dan mampu, serta tanpa pamrih untuk mengawasi dan memberikan masukan tentang keadaan suatu DAS, lingkungan serta pengelolaanya.

Untuk Pulau Belitung, pengurusnya sudah hampir terbentuk, sehingga sudah pada tahap penyampaian nama nama calon pengurus ke Pengurus Forum DAS Provinsi Babel.

Dalam kaitan tugas,  Forum DAS juga memberikan informasi tentang suatu keadaan lingkungan, DAS dan kemudian mempertanyakan cara pengelolaanya.

Karena itu,  Forum DAS memiliki peran sangat penting dan luas, mengingat kaitan dari keadaan lingkungan, pertanian, pariwisata dan perkebunan, sangat berhubungan erat, dikarenakan kondisi tersebut mempengaruhi tumbuh kembangnya hal tersebut diatas.

Namun sikap Forum DAS dalam hal ini, belum bisa memberikan penilaian lebih luas,  karena pengurus Belitung baru mau terbentuk, sehingga belum bisa mengambil suatu keputusan.

Dalam artian ini, belum bisa berjalan secara maksimal. Namun sebagai masyarakat yang peduli akan kelestarian lingkungan, hendaklah selalu menjaga dan mengawasi, serta melaporkannya ke pemangku kepentingan.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *