Kejari Pangkalpinang Tahan Terduga Korupsi Terminal BBM Pertamina

KORANFORUM.COM, BABEL – Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Pangkalpinang telah menahan tersangka dugaan kasus tindak pidana korupsi pada proyek pengerjaan Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Pertamina, Pangkal Balam, Kota Pangkalpinang, Bangka Belitung (Babel).

Dalam keterangan yang disampaikan oleh Kasi Intel Kejari Pangkalpinang, Hendi Arifin, kepada media Tabloid Koran Forum (www.koranforum.com) mengungkapkan,  bahwa pihaknya menetapkan status tersangka  kepada Kurniadi, merupakan mantan Pegawai Outsourching Bidang Kesehatan Depo Pertamina, yang diduga melakukan tindakan korupsi atas proyek pengerjaan Terminal BBM.

“Berdasarkan  hasil perhitungan sementara yang dilakukan tim penyidik, dugaan kerugian yang ditanggung Negara akibat pembelian tiket pesawat fiktif sekitar 4,9 Milyar rupiah,” ungkap Hendi, Kamis (24/08/2017) kemarin.

Lebih lanjut Hendi menjelaskan, tersangka diduga telah melakukan transaksi pembelian tiket pesawat dan fendor fiktif, sehingga menyebabkan pertamina mengalami kerugian sebesar 4,9 Milyar rupiah.

”Segala perbuatan yang dilakukan tersangka untuk melancarkan kerjanya menggunakan akses user code, yang diberikan oleh atasannya. Dan berdasarkan keterangan pelaku, hal ini sudah ia lakukan sejak Bulan Oktober 2011 sampai dengan Juni 2016 silam,” bebernya.

Hendi juga mengatakan kalau tim penyidik juga sudah melakukan upaya penyitaan barang bukti, berupa satu unit rumah  dan beberapa dokumen yang akan digunakan untuk menunjang proses penyidikan.

”Tersangka sudah menjelaskan semua perbuatan ini, dimana perbuatan ini ia lakukan sendiri tanpa melibatkan orang lain. Sedangkan mengenai jumlah uang yang diperoleh dari hasil korupsi, diduga digunakan untuk foya-foya, serta melancong ke luar negeri,” terangnya.

Pantauan wartawan media ini, terlihat tersangka masih dengan menggunakan baju tahanan, meski telah diperiksa oleh penyidik. Saat itu, Kurniadi terlihat langsung digiring oleh penyidik menuju mobil tahanan untuk dititipkan ke Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Tua Tunu, Pangkalpinang, Babel. (okta)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *