Ada Apa Kapolri Kunjungan ke Babel?

#Minta Semua Elemen Kerjasama Jaga Situasi Kondusif

KORANFORUM.COM, BABEL – Ada apa Kapolri Jendral Pol. Tito Karnavian ke Provinsi Bangka Belitung (Babel)? Mungkin pertanyaan ini wajar saja dilontarkan saat kunjungan Kapolri ke Babel beberapa waktu lalu, mengingat Kapolri baru pertama kali berkunjung ke provinsi ini, semenjak dilantik menjadi Kapolri, beberapa tahun lalu.

Saat itu, terlihat Kapolri melakukan pertemuan yang bertempat Gedung Graha PT.Timah Tbk, di Kota Pangkalpinang, dimana kunjungan ini merupakan kunjungan pertama kali “orang nomor satu” di jajaran Kepolisian Republik Indonesia ini ke Babel.

Dalam kunjungan ini, terlihat Kapolri yang akrab disapa dengan panggilan Tito ini, didampingi Kadensus 88 Polri, Kadiv Propam Polri, Karopenmas Humas Polri dan lainnya.

Memang informasi yang diterima oleh wartawan Tabloid Koran Forum (www.koranforum.com), bahwa kunjungan ini merupakan kunker pertama kali Kapolri di Propinsi Kepulauan Babel.

Pada kesempatan kunker kali ini, Kapolri terlihat juga meninjau kondisi kegiatan Pasar Murah dan Bakti Sosial Polda Babel.

Selain itu, Kapolri mengawali kunkernya dengan memberikan ceramah umum
kepada tamu undangan yang hadir, diantaranya tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, organisasi Senkom Mitra Polri, Anggota Polda Babel dan elemen lainnya, di Gedung Graha Bakti PT.Timah Tbk.

Saat itu, usai memberikan ceramah umum, terlihat Kapolri menggelar pertemuan untuk memberikan keterangan Pers di depan para wartawan dari berbagai perusahaan media.

Pada kesempatan jumpa pers itu, Kapolri mengatakan bahwa Provinsi Babel dalam Maping Mabes Polri, adalah merupakan daerah yang cukup aman dan kondusif. Indikasinya, terbukti dari pemilihan kepala daerah dari bupati hingga gubernur bisa berjalan dengan aman dan lancer.

Tentunya, kondisi yang kondusif ini merupakan hasil kerjasama seluruh elemen yang ada, baik itu TNI dan Polri sebagai garda terdepan pengamanan di Babel ini, serta tentunya berkat peranserta seluruh elemen dalam menjaga kondisi yang kondusif di wilayah Hukum Polda Babel.

Dengan demikian, Babel ini merupakan daerah yang kondusif dan beda situasinya dengan daerah lain, seperti yang terjadi di Papua , Sumut dan Sulteng yang terindikasi adanya konflik Gankamtibmas.

Khusus untuk wilayah Sumut, Kapolri sudah empat kali mengingatkan agar pimpinan polri di provinsi ini selalu menjaga keamanan dan ketertiban, serta menegakkan supremasi hukum.

Karena itu, keamanan juga harus terjamin agar para investor berani menginvestasikan modalnya ke Babel ini. Apalagi faktanya, Babel ini sangat kaya akan potensi alamnya, berupa Pariwisata, Perkebunan, Kelautan, Pertambangan  dan lainnya, sehingga pengelolaan atas potensi semuanya itu butuh kerjasama yang baik antar elemen di provinsi yang terkenal dengan sebutan ‘Negeri Serumpun Sebalai’ ini.

Pada kesempatan itu, Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Jenderal Polisi Muhammad Tito Karnavian, juga memuji Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebagai salah satu daerah yang teraman di Indonesia.

“Bangka Belitung memiliki modal terbesar dan terpenting dalam hal keamanan, dan ini merupakan aset yang terbesar selain timah,” kata Kapolri.

Dikatakannya, dari kacamata situasi keamanan di Indonesia, Babel adalah daerah teraman. Hal tersebut, diakui pemilik empat bintang di pundak itu, baru kali ini berkesempatan berkunjung sejak dilantik sebagai orang nomor satu di Kepolisian RI.

Dengan kondisi Babel yang aman, Kapolri berharap Babel dapat semakin lebih maju ke depannya, dengan membuka kesempatan investasi seluas-luasnya. Namun, tak lupa diingatkannya akan pentingnya juga masalah kejelasan aturan berusaha. “Jangan sampai ganti kepala daerah, ganti pula (kebijakan) perizinannya,” ujarnya mewanti.

 

Sàat ditanyakan bagaimana Kebijakan Kapolri terkait kasus Penyidik KPK, Novel Baswedan, yang mengalami kasus tindakan kekerasan, terlihat Kapolri enggan menjawab soal itu.

“Nanti kasus ini akan dijelaskan oleh Bapak Rikwanto (Brigjend Pol. Drs. Rikwanto) selaku Karopenmas Humas Polri,” pungkasnya. (ibrahim/okta)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *