Yusril Klarifikasi Judul Berita

 

 

 

KoranForum.Com, Jakarta – Pakar Hukum Tata Negara Prof.Dr. Yusril Ihza Mahendra SH MH, melakukan klarifikasi atas berita yang dinilainya terduga mengarah pada penyesatan atas keabsahan Pengurus DPP Partai Golkar versi Agung Laksono. Berita tersebut dimuat oleh sejumlah media online termasuk Kompas dan Tempo, beberapa waktu lalu.

 

“Berita disejumlah media itu membuat judul berita saya yang menyatakan bahwa kepengurusan Agung Laksono sudah sah. Judul seperti itu, juga muncul di running text kompas tv. Judul berita seperti itu, bisa menyesatkan bagi orang yang hanya baca judul berita tanpa membaca utuh isi beritanya,” ujar Yusril kepada wartawan, beberapa waktu lalu.

 

Diungkapkannya, ada kecenderungan sebagian orang malas untuk membaca berita secara utuh, tapi hanya membaca judulnya saja. Kenyataan ini, bisa saja dimanfaatkan oknum media untuk menggalang opini bersifat sesat. Padahal, keabsahan suatu surat keputusan itu harus dilihat dari segi formil dan materilnya.

 

“Secara formil, SK (surat keputusan) Menkumham yg mengesahkan kepengurusan Agung Laksono adalah sah, karena dia memang berwenang terbitkan SK itu. Tapi secara materil, SK tersebut mengandung kesalahan fatal karena bertentangan dengan UU Parpol dan asas umum pemerintahan yg baik.  Sebab itu, kami lakukan perlawanan atas SK tersebut ke Pengadilan TUN dan minta agar SK tersebut dibatalkan,” beber Yusril.

 

Dengan demikian, tambah Yusril, judul berita yg menganggap seolah-olah dirinya menyatakan bahwa kepengurusan Agung Laksono adalah sah, jelas hanya berita sepotong saja yang bisa bikin sesat bagi pembacanya.  “Kalau memang sudah sah, mengapa kami capek-capek lakukan perlawanan. Jelas judul berita itu bikin sesat orang yang malas baca berita secara utuh. Demikian penjelasan saya. Salam hormat,” pungkasnya. (jonas)

 

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *