WAWANCARA EKLUSIVE INISIATOR dan DEKLARATOR BARAYA SOCIAL COMMUNITY (BSC) Ir. AGUNG SABUR, Dipl Eng: ai???BSC DIHARAPKAN DAPAT MEMBANTU MASALAH KERAWANAN SOSIALai??i??

Ai??JIKA bicara tentang komunitas, tentunya penilaian langsung mengarah pada pemikiran tentang suatu kelompok yang didalamnya terdiri dari individu-individu dari berbagai strata dan latarbelakang, yang memiliki keinginan untuk berserikat atau berkumpul untuk melakukan aktifitas yang berkelanjutan, serta menetapkan suatu tujuan dan cita-cita yang sama. Mungkin penilaian ini bisa diarahkan pada komunitas Baraya Social Community atau biasa disingkat dengan sebutan BSC. Komunitas ini dirikan oleh sejumlah tokoh yang sebagian besar berasal dari Kota Bandung Jawa Barat. Meski demikian, BSC berdiri untuk suatu maksud yang baik, yaitu salahsatunya bisa berkontribusi terhadap jalannya pembangunan di Provinsi Jawa barat secara khusus, serta Indonesia pada umumnya. Selain itu, BSC juga didirikan dengan Maksud dan tujuan untuk menampung, atau sebagai wadah elemen masyarakat, lembaga dan kelompok yang mampu, atau berlebih untuk dapat berbagi dan membantu, khususnya dalam kerawanan sosial bagi masyarakat yang membutuhkan di seluruh Indonesia. Ai?? Untuk mengetahui lebih jelas latarbelakang, maksud dan tujuan pendirian Baraya Social Community (BSC) ini, anggota Dewan Redaksi Koran Forum Joni Arsyah S.Sos, MSi, berhasil melakukan wawancara eklusive kepada Inisiator dan Deklarator Baraya Social Community (BSC) Ir. Agung Sabur Dipl Eng, dalam suasana santai dan penuh kekeluargaan, di Sekretariat BSC Jalan Tikukur No. 2 Kota Bandung Jawa Barat. Berikut wawancaranya, Ai?? Sebelum bertanya lebih jauh, kapan dan dimana BSC berdiri? Lalu, apa latarbelakang pendirian Baraya Social Community (BSC) ini? Ai??BSC atau kepanjangan dari Baraya Social Community ini, dideklarasikan tanggal 17 Januari 2015 lalu, di Villa Wynna Jambudipa Cisarua Lembang, Jawa Barat. Komunitas ini berdiri atas dasar persamaan persepsi dari rekan-rekan dibidang sosial khususnya, sebagai wadah inspirasi, kepedulian sesama masyarakat atas kerawanan sosial di Indonesia, meliputi masalah Kesehatan, Pendidikan dan Kebencanaan. Selain itu, mengacu pada pengalaman beberapa kali menangani atau menyalurkan bantuan, serta operasional dalam pelaksanaan bantuan sosial yang lalu, dimana selalu diperlukan suatu menejemen yang mengarah pada pengaturan yang baik serta terarah, sehingga bisa tepat sasaran.

Siapa saja elemen pendiri BSC? Ai??Elemen pendiri BSC, terdiri dari beberapa pengurus dan anggota komunitas yang ada seperti Organisasi Radio Amatir Indonesia (ORARI), Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI), Alumni ITB (Institut Teknologi Bandung), serta para Alumnus Sekolah Menengah Atas (SMA) di Jakarta & Bandung, yang hingga saat ini masih sering menjalin komunikasi ke Sekretariat BSC di Jalan Tikukur No. 2 Kota Bandung ini, sampai ahirnya dideklarasikanlah BSC ini dengan dihadiri lebih dari 30 orang, pada tanggal 17 Januari 2015 lalu.

Kenapa Namanya Baraya?Ai??Ai?? Pemberian nama Baraya, memang sebagian besar pendiri menginginkan nama tersebut, karena dideklarasikan di Jawa Barat. Mungkin juga kata Baraya ini, merupakan suatu sebutan yang khas local, dimana kata Baraya itu biasanya adalah panggilan saudara atau teman, atau juga rekan yang sudah dianggap keluarga, meskipun pada perkembangannya nanti tidak terbatas di wilayah Jawa Barat saja, bahkan bisa ke seluruh Indonesia.

Apa visi-misi BSC? Visi-Misi BSC adalah ai???Mewujudkan Masyarakat Indonesia Yang Bebas dari Kerawanan Sosialai??i??, baik itu melalui pemanfaatan sumber daya yang ada atau bentuk kepedulian masyarakat yang dikategorikan mampu secara ekonomi, untuk berbagi atau kelompok-kelompok masyarakat dalam meningkatkan atau membantu dalam bidang Pendidikan, Ekonomi, Kesehatan, serta Lingkungan Hidup. Selain itu, BSC dapat juga dijadikan sebagai wadah untuk membantu dan mengontrol segala kebijakan aparatur Negara atau pemerintah, dimana elemen masyarakat berharap para aparatur itu dapat menjalankan tugas, untuk lebih konsekuen dalam melaksanakan ketentuan-ketentuan yang telah digariskan.Ai??Ai??Ai??

Ai??Ai?? Apa Tujuan dan Maksud berdirinya BSC? Sedangkan maksud dan tujuan didirikan BSC adalah untuk menampung atau sebagai wadah elemen masyarakat, lembaga dan kelompok yang berkategori mampu dalam suatu hal, untuk dapat berbagi dan membantu khususnya dalam kerawanan sosial bagi masyarakat yang membutuhkannya, khususnya di Indonesia. ai???Baraya Social Community (BCS)ai??i?? adalah komunitas terbuka, yang bergerak dalam bidang sosial kemasyarakatan melalui atau mengkoordinir potensi-potensi yang ada, untuk melakukan penelitian dan study terhadap suatu daerah atau masyarakat, yang mengalami kerawanan sosial dan bencana, dengan memberikan bantuan dan perlindungan terhadap masyarakat yang membutuhkannya, sesuai dengan prioritas serta bertindak sebagai penyalur bantuan kepada masyarakat yang memerlukannya, sebagai target sosial yang relevan dan rasional.

Apa BSC ini komunitas lokal atau Nasional? Ai??BSC atau kepanjangan dari Baraya Social Community ini, meskipun operasional komunitasnya dimulai dari wilayah Jawa Barat, namun nantinya tetap mempunyai skala kegiatan Nasional, dimana untuk sementara ini kegiatannya berpusat di Kota Bandung, Jawa Barat.

Siapa saja pengurus yang duduk di kepengurusan BSC? Ai??Kepengurusan komunitas BSC ini, sampai saat ini masih dalam masa temporer dan belum terbentuk secara definitif, sampai nanti tibanya pelaksanaan Musyawarah Besar (Mubes), yang diperkirakan bakal dilakukan sekitar bulan Juni 2015 depan. Jadi sampai saat ini, operasional BSC masih dipegang oleh Dewan Pendiri dan juga Koordinator Penyelenggara pembentukan BSC, sekaligus juga dalam pengurusan legalitas komunitas yang dibutuhkan.

Siapa saja anggota yang masuk BSC? BSC merupakan komunitas terbuka, siapapun masyarakat yang mempunyai visi-misi sama, dapat dan diharapkan menjadi anggota BSC. Bahkan, tidak tertutup yang berdomisili di Luar Negeri, juga bisa bergabung dalam komunitas BSC ini.

Apa syarat untuk bisa menjadi anggota BSC? Ai??Persyaratan menjadi anggota BSC ini, mengutamakan warga atau masyarakat yang telah mempunyai Kartu Tanda Penduduk (KTP), mengisi formulir yang dikeluarkan pengurus, menunggu referensi dan klarifikasi dari pengurus, serta bersifat sementara ini membayar uang administrasi dan pencetakan ID Card sebesar Rp. 50.000,-

Apa peran BSC bagi pembangunan kesejahteraan sosial di Jawa Barat? Ai??Untuk pertama kalinya atau tahap awal peran BSC ini, untuk meneliti kesejahteraan sosial masyarakat di Jawa Barat. Direncanakan, melakukan pendataan dan pemetaan atas kerawanan masyarakat dari sektor kondisi social dan ekonomi, pendidikan, kesehatan dan lokasi kebencanaan, melalui data sekunder & primer tentunya. Lalu, pendataan dan menampung informasi dari lembaga-lembaga, komunitas dan kelompok-kelompok, yang mungkin dapat turut berperan aktif dalam kerjasama pelaksanaan program kegiatan sesuai program-program yang akan dan telah ditetapkan oleh BSC.

Sedangkan perannnya terhadap kesejahteraan sosial di Indonesia bagaimana? Dengan berjalannya waktu dan berkembangnya komunitas BSC kedepan, tentunya tidak menutupkemungkinan mempunyai program kegiatan yang sama sampai keseluruh wilayah di Indonesia, melalui Koordinator-koordinator wilayah yang sudah terbentuk nantinya.

HarapanAi??keberadaan BSC kedepannya bagaimana? Harapan kedepan, tentunya sangat ingin komunitas BSCini menjadi komunitas yang dapat diterima oleh seluruh kalangan atau elemen masyarakat, dimana BSC dapat berperan sebagai organisasi, kelompok atau komunitas secara rasional yang berkelanjutan, sesuai dengan visi-misi yang telah ditetapkan secara bersama.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *