Warga Prasejahtera di Rote Ndao Merasa Terbantu Program Polres Peduli

#Polres Rote Ndao Peringati HUT ke 71 Bhayangkara

SUASANA Berbeda terlihat di Lapangan Bola Busalangga Kecamatan Rote Barat Laut, Kabupaten Rote Ndao, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), pada hari Kamis (1/6/ 2017) pagi lalu.

Dikatakan berbeda, karena biasanya di lapangan bola ini terlihat adanya para pemain bola yang melakukan aktifitas olahraga pertandingan atau sekedar latihan sepak bola, dengan memanfaatkan luasnya lapangan bola ini.

Usut punya usut, ternyata pada hari Kamis lalu itu, sekitar Pukul 09.00 WITA, bukannya pertandingan sepak bola yang ditonton oleh warga sekitarnya, namun di Lapangan Sepak bola Busalangga, Kelurahan Busalangga, Kecamatan Rote Barat Laut itu, terlihat angggota Polres Rote Ndao yang dipimpin oleh Kapolres Rote Ndao AKBP Murry Mirranda SIK, sedang melaksanakan Program Polres Peduli.

Adapun realisasi dari Program Polres Peduli ini, adalah mengadakan pasar murah bagi warga atau masyarakat kategori prasejahtera dalam segi ekonomi, di wilayah  Kecamatan Rote Barat Laut, sebagai wujud amalan di Bulan Suci Ramadhan 1438 H dan menyambut HUT ke 71 Bhayangkara. 

Adapun Komoditas yang dijual dalam kegiatan pasar murah ini meliputi, Beras, Minyak Goreng, Gula Pasir, Bawang Putih, Bawang Merah, Mie Instan, Cabai, mentega kemasan, Kopi kemasan serta pakaian untuk anak-anak maupun untuk orang dewasa, dengan indeks harga maksimal Rp. 10.000.

Untuk lebih mengetahui pelaksanaan Program Polres Peduli ini, wartawan Tabloid Koran Forum (www.koranforum.com), Joni Arsyah, berhasil melakukan wawancara via telepon kepada Kapolres Rote Ndao asal Pulau Belitong ini, yaitu AKBP Murry Mirranda SIK, beberapa waktu lalu.

Adapun materi wawancaranya adalah sebagai berikut:

Bagaimanakah teknis dari pelaksanaan pasar murah dari Program Polres Peduli ini?

Kami realisasikan program ini seperti pelaksanaan pasar murah ditempat lainnya, yang diperuntukkan bagi warga kurang mampu atau prasejahtera. Teknisnya, semua barang yang dijual tersebut, dikhususkan kepada masyarakat prasejahtera, yang sebelumnya sudah didatakan terlebih dahulu oleh anggota Bhabinkamtibmas. Lalu kepada yang bersangkutan sudah diberikan tiket atau kartu berbelanja di pasar murah tersebut, namun dengan nilai maksimal Rp 50.000/orang.

Apa tujuan dari pelaksanaan kegiatan pasar murah ini?

Kegiatan pasar murah ini, dilaksanakan dengan tujuan untuk membantu masyarakat prasejahtera dalam segi ekonomi selama Bulan Ramadhan lalu, serta untuk mengantisipasi  para pedagang nakal maupun spekulan, yang menggunakan momen bulan Ramadhan untuk  menaikan harga barang di pasaran secara sepihak.

Kalau boleh tahu, siapa saja pejabat pemda dan tokoh masyarakat yang hadir pada kegiatan pasar murah ini?

Hadir dalam kegiatan pasar murah ini, diantaranya Camat Rote Barat Laut, para Kabag, Kasat, anggota Polres Rote Ndao dan Polsek Rote Barat Laut, para Kepala Desa se-Kecamatan Rote Barat Laut, serta masyarakat dari 12 Desa dan  satu kelurahan yang berada di Kecamatan Rote Barat Laut.

Dari fakta di lapangan, bagaimana respon dari para pejabat dan kalangan masyarakat?

Alhamdulillah, karena kegiatan ini bersifat sosial maka mendapatkan apresiasi yang baik dari Camat, tokoh masyarakat dan banyak warga di Kecamatan Rote Barat Laut, dimana saat itu mereka juga mengharapkan kegiatan ini harus dilakukan juga oleh pihak Pemerintah Kabupaten Rote Ndao.

Darimana sumber pendanaan dari kegiatan pasar murah ini?

Semua barang komoditas yang dijual dalam kegiatan pasar murah ini, merupakan hasil swadaya dari anggota Polres Rote Ndao dan Polsek Jajaran.

Lalu, uang hasil penjualan dari pasar murah ini diserahkan kepada siapa?

Uang hasil dari penjualan pasar murah terkumpul sebanyak Rp 8.722.000. Uang ini langsung diserahkan oleh Kapolres Rote Ndao kepada Camat Rote Barat Laut  dan Kapolsek Rote Barat Laut, agar selanjutnya dapat diserahkan kepada pihak pengurus Masjid dan Gereja, yang berada di wilayah Kecamatan Rote Barat Laut.

Apa ada kegiatan lain, selain pasar murah yang dilakukan Polres Rote Ndao?

Tentu ada. Selain kami melaksanakan kegiatan pasar murah, Polres Rote Ndao dan Polsek Jajaran, juga tetap melaksanakan giat monitoring terhadap fluktuasi harga sembako di pasar-pasar selama Bulan Ramadhan lalu.

Kegiatan pasar murah ini dilaksanakan di wilayah mana saja?

Adapun kegiatan pasar murah ini, dilaksanakan di seluruh Kecamatan yang berada di wilayah Kabupaten Rote Ndao.

Apa ada ucapan berupa pesan atau kesan dalam pelaksanaan bazar atau pasar murah ini?

Saya rasa selaku Kapolres Rote Ndao, saya mengucapkan beribu-ribu terimakasih kepada seluruh jajaran anggota Polres Rote Ndao, karena telah berusaha sekuat tenaga untuk menjalankan dan menyukseskan kegiatan bazar atau pasar murah ini. Ucapan terimakasih juga saya sampaikan kepada para pihak yang mendukung kesuksesan kegiatan ini, yaitu pemda, camat, tokoh masyarakat, swasta dan lain-lain, di wilayah Kabupaten Rote Ndao ini.

 

 

 

 

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *