Tim Transisi Beltim Dengarkan Masukan dan Evaluasi Renstra

KoranForum.Com, Beltim, Babel — Tim Transisi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung Timur (Beltim) bersama dengan Bupati Beltim Terpilih, Yuslih Ihza Mahendra dan Wakil Bupati Terpilih, Burhanudin melakukan rapat dengar pendapat dan Evaluasi Rencana Kerja Strategis (Renstra) 2010 ai??i?? 2015 dengan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), Organisasi Kepemudaan, Organisasi Masyarakat, tokoh masyarakat dan SKPD Kabupaten Beltim, di Ruang Rapat Bupati Beltim, Rabu (13/1).

Kegiatan yang digagas oleh Penjabat Bupati Beltim, H.M. Hardi ini, dibagi dalam dua sesi. Yang pertama, pada pagi hari yakni, pengumpulan data dan informasi pembangunan dari stake holder eksternal Pemkab Beltim. Sedangkan sore harinya, evaluasi Renstra 2010 ai??i?? 2015 dengan stakeholder internal yakni para pimpinan SKPD.

Ketua Tim Transisi, Talafuddin menjelaskan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mensingkronkan masukan stake holder, Renstra dan visi misi Bupati/ Wakil Bupati Beltim Terpilih dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) Kabupaten Beltim 2016 -2021. Masukan dan hasil evaluasi selanjutnya akan jadi bahan rumusan Tim transisi untuk ditindaklanjuti oleh Bupati dan Wakil Bupati Terpilih. Ai??

ai???Ini kan bahan perumusan kita untuk program kerja 5 tahun ke depan. Kita kapasitasnya hanya membantu. Apa yang menjadi masukan sudah kita dengarkan, kita diskusikan, nanti dari Pokja-Pokja Tim Transisi yang akan mengolahnya,ai??? jelas Talafuddin.

Talafuddin yang kesehariannya juga menjabat sebagai Sekda Beltim ini, mengatakan, ada beberapa sektor yang akan menjadi prioritas pembangunan, diantaranya, kesehatan, pendidikan, pariwisata, peningkatan aparatur serta pendapatan asli daerah (PAD). Sektor-sektor inilah nantinya yang akan menjadi fokus pekerjaan Tim Transisi.

Di sisi lain Ia mengungkapkan, masa transisi kekuasaan yang terjadi juga bersamaan dengan transisi kewenangan antara Pemerintah Kabupaten dengan Pemerintah Provinsi. Kondisi ini membuat Tim Transisi harus menyesuaikan antara kewenangan daerah dengan aturan perundang-undangan.

ai???Inikan untuk persiapan, karena kebetulan masa transisi ini bersamaan Ai??dengan adanya perubahan kewenangan. Kita sebagai pemerintah daerah mengacu pada Undang-Undang 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Di sana ada perubahan yang signifikan, contohnya kewenangan di bidang pertambangan, kehutanan, pendidikan, dan lain-lain. Itu semua harus direview dan disingkronkan dengan visi misi bupati dan wakil bupati terpilih,ai??? ungkap Talafuddin.

Sekretaris Tim Transisi, Hendriyani, menambahkan, dari data awal yang didapat selanjutnya akan dikompilasi satu sama lainnya. Hasil rancangan ini secara prosedural juga akan dikoordinasikan dengan Badan Perencanaan Pembanguan Daerah (Bappeda) Kabupaten Beltim.

ai???Dari proses ini akan ada Musrembang untuk pendekatan perencanaan partisipatif dan sebagainya. Yang jelas inventarisasi ini memberikan masukan baik itu kepada Tim Transisi maupun kepada Bupati dan wakil bupati terpilih,ai??? ujarnya.

Sementara itu, Pj. Bupati Beltim menekankan dengan adanya kegiatan ini SKPD di Pemkab Beltim sudah tau dan menyadari apa yang menjadi harapan dari Bupati dan Wakil Bupati terpilih, meski mereka belum resmi dilantik. SKPD pun diharapkan akan menyesuaikan antara visi misi dengan apa yang menjadi tupoksinya. Ai??

ai???SKPD sebenarnya sudah tau jadi apa yang menjadi ekspektasi, sebagaimana hak politik mereka dalam konteks pelaksanaan visi misi dan program kerja bupati terpilih. Nah SKPD kan punya analisis teknis, terkait urusan fungsi dan tugas baik urusan wajib, dasar, dan pilihan,ai??? kata Hardi.

Lebih lanjut Ia mengatakan, hak politik bupati dan wakil bupati terpilih harus disingkronisasikan. Inilah nantinya yang akan menjadi dokumen perencanaan dalam kurun lima tahun masa pemerintahannya. Ai??

ai???Apa yang akan menjadi capaian, target yang mereka harus capai dalam konteks kampanye mereka, dan visi misi mereka. Kesesuaian inilah yang harus kita upayakan. Kita ini kan sebagai pelayan, jadi harus merubah mind set dan paradigma,ai??? ujarnya. @2!/Zaid

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *