Saat Pelatihan Kamtibmas, Polda Babel Harapkan Senkom Jadi Contoh dan Inspirasi

KORANFORUM.COM, PANGKALPINANG, BABEL ai??i?? Untuk mewujudkan pelaksanaan Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) Sentra Komunikasi (SENKOM) MITRA POLRI, dalam memberikan informasi kepada aparat terkait bila menjumpai adanya gangguan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas), Hamkamnas dan Sosial Kebencanaan, maka SENKOM MITRA POLRI Provinsi Babel menggelar Pelatihan Kamtibmas, Penanggulangan Kebencanaan dan Rescue SAR, di Gedung Tri Brata Polda Kepulauan Babel, pada Hari Minggu (23/4/2017) lalu.

Dalam kegiatan pelatihan ini, diikuti sekitar 100 orang, yang keselurahannya merupakan anggota SENKOM MITRA POLRI Provinsi Babel, yang berasal dari para anggota Senkom Mitra Polri Utusan Kabupaten/Kota di Seluruh Wilayah Babel.

Perlu diketahui, SENKOM MITRA POLRI ini, adalah suatu organisasi sosial kemasyarakatan yang didirikan pada tahun 2004, dimana pendiriannyaAi?? diprakarsai oleh beberapa tokoh pemuda, yang didukung oleh para purnawirawan TNI maupun dari POLRI, serta bersifat independen atau tidak berafiliasi dan bukan merupakan Underbow dari partai politik maupun ormas lainnya.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PP SENKOM MITRA POLRI Arif Nurrohim, saat memberikan sambutan, mengatakan, bahwa, dalam pengembangan organisasi, SENKOM berpegang teguhAi??pada prinsip ”Pelan Tapi Pasti”, dimana prinsip ini di praktekan dalam tata cara rekrutmen anggota Senkom Mitra Polri, sesuai dengan AD/ART organisasi yang mensyaratkan sistem selektif dan kehati-hatian.

Hal ini, terlihat dalam persyaratan untuk menjadi anggota SENKOM MITRA POLRI, antara lain harus mempunyai penghasilan, serta harus bebas dari Narkoba dan tidak merokok.

Adapun setiap anggota SENKOM dalam melaksanakan tugasnya, dilarang merokok, sehingga dengan syarat-syarat tersebut diatas, bisa dikatakan dalam proses rekrutmen terkesan ketat, namun dengan ketatnya persyaratan tersebut ternyata masih banyak masyarakat yang mendaftar, karena merasa bisa memenuhi persyaratan tersebut.

Sedangkan harapan dari pendiri organisasi Senkom ini, adalah Senkom Mitra Polri bisa menjadi organisasi yang mandiri, profesional dan bisa bermanfaat bagi masyarakat, Bangsa dan Negara.

SENKOM MITRA POLRI telah bersiap berperan aktif dalam pelaksanaan Kamtibmas, Sosial Kebencanaan dan Hankamnas, sesuai dengan tiga Klaster SENKOM MITRA POLRI, yaitu, Pertama, SENKOM MITRA POLRI dibidang Kamtibmas memegang semboyan ai???Menembus Jarak Tanpa Batasai??i??. Kedua,Ai??
Senkom Rescue dibidang Sosial Kebencanaan dan SAR, menganut semboyan ai???Siaga saat aman, Ada saat dibutuhkan’.Ai??Ketiga, SENKOM Bela Negara dibidang Hankamnas, menjalankan semboyanAi?? ai???NKRI Harga Mati’.

Selain itu, SENKOM MITRA POLRI juga memiliki tupoksi, yaitu memberikan informasi kepada aparat terkait terdekat, apabila menjumpai adanya gangguan Kamtibmas, Hamkamnas dan Sosial Kebencanaan.

Lalu, dilakukannya pembinaan mental anggota, dimana setiap anggota dibina agar mempunyai enam karakter luhur, yaitu rukun, kerjasama yang baik, jujur, amanah, efektif, dan efisien.

Sementara itu, Ketua SENKOM MITRA POLRI Provinsi Babel H. Abdul Syukur S.Sos, menyatakan, dirinya sangat mengharapkan dengan adanya pelatihan ini selama dua hari, maka anggota SENKOM MITRA POLRI Provinsi Babel mampu menambah wawasan dan kompetensi dibidang Kamtibmas, SAR dan manajemen kebencanaan.

ai???Dengan demikian, setelah pelatihan ini diharapkan semua anggota Senkom bisa terus berkiprah membantu masyarakat, jika sewaktu-waktu dibutuhkan,” ucap Syukur.

Sedangkan DIRBINMAS Polda Babel Kombes Pol Badya Wijaya, saat memberikan pelatihan KAMTIBMAS dalam rangka peningkatan kapasitas anggota SENKOM MITRA POLRI Babel, menyatakan, dirinya sangat mengapresiasi kinerja, kiprah dan kontribusi SENKOM MITRA POLRI, dalam membantu kepolisian dibidang Kamtibmas.

”Berdasarkan Informasi dari kapolda (Kapolda Babel), ternyata hanya organisasi masyarakat (Ormas) SENKOM yang aktif di Babel dalam mendukung tugas-tugas kamtibmas,” ungkapnya.

Karena itu, Dirbinmas Polda babel sangat menaruh harapan besar terhadap SENKOM, agar terus menjalankan tupoksinya.

”Saya harap, SENKOM ini dapat memberikan contoh dan inspirasi kepada ormas-ormas lainnya, tetap semangat, jangan pernah lelah, namun tetap utamakan keselamatan dalam pelatihan,” pungkasnya. (fakih)

Ai??

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *