Rumah Keong Jadi Lokasi Kunjungan Wisatawan ke Beltim

WISATAWAN dari daerah atau luar daerah yang berkunjung ke Belitung Timur (Beltim) pada saat libur panjang pekan lalu, banyak menyempatkan waktu dan dirinya untuk berkunjung ke berbagai lokasi wisata di wilayah Beltim, salahsatunya adalah Rumah Keong di Gantung, Sabtu dan Minggu (7-8/5) lalu.

Lokasi wisata baru ini, merupakan bangunan rumah menyerupai Hewan Keong, yang terbuat dari bahan rotan (Dum), yang tepatnya berlokasi di depan Replika SD Laskar Pelangi Desa Lenggang, Kecamatan Gantung.

Nampak puluhan kendaraan parkir sangat ramai berjejer di halaman lokasi wisata itu, dimana banyak dari para pengunjungnya berselfie ria, dengan Background kawasan wisata tersebut. Memang Rumah Keong ini, adalah sebuah tempat wisata yang sederhana, namun suasananya nyaman dan potensi alam yang indah. Apalagi, di kawasan wisata itu bukan hanya ada rumah keong yang terbuat dari rotan saja, namun juga disekitarnya terdapat sebuah dermaga, yang bentuknya menjorok dan menghadap ke Sungai Lenggang.Ai??

Tampak para wisatawan yang menikmati keindahan lokasi wisata ini, bukan hanya dari kalangan remaja atau ABG (Anak Baru Gede) saja, melainkan juga usia dewasa yang terlihat melakukan selfie menggunakan ponsel, dengan sanak keluarganya. Mereka terkesan inginAi??mengabadikan momen yang langka ini, dengan Background Rumah Keong tersebut.

“Akhirnya kami bisa juga sampai kesini. Tadinya kami pikir, hanya bisa melihat dimedia sosial, tapi kini kami menikmati keindahan Rumah Keong ini secara langsung. Inipun jangan sampai tidak ada kenang kenangan, makanya Kami banyak melakukan Selfie disini,” ungkap seorang warga asal Kota Tanjung Pandan, saat berbincang dengan awak media di kawasan wisata itu, Sabtu (7/5) lalu.

Seorang petugas yang ada disekitar kawasan lokasi wisata ini mengungkapkan bahwa, Rumah Keong dan dermaga ini, hampir setiap pekannya ramai dikunjungi wisatawan, terutama beberapa bulan belakangan ini. Memang bangunan rumah menyerupai Keong ini, merupakan bagian dari pengembangan tempat wisata baru di Desa Lenggang, Kecamatan Gantung.
Ungkapan hampir senada dengan petugas tersebut, juga disampaikan oleh Kepala Desa Lenggang Evo Lesmana, kepada wartawan beberapa waktu lalu. Menurutnya,Ai??bangunan rumah menyerupai Keong ini, dibangun oleh pihak ketiga, yaitu pihak Investor Pengembangan Wisata Perhotelan, yang ada disekitar kawasan. Bangunan wisata ini, dilengkapi dengan wisata air, dengan dukungan keberadaan Ai??dermaga untuk pengembangan wisata sungai.Ai??

“Jadi berhubung masuk ke kawasan HGB mereka, Kami dari desa, mengusulkan pengembangan pemanfaatannya. Maka dibangunlah tempat wisata ini, dilengkapi dengan dermaga kecil. Dermaga ini dinamakan Dermaga “Kirana”. Itu merupakan nama familiarnya,” beber Evo.


Evo menyebutkan, dermaga tersebut merupakan konsep desa wisata yang akan dikembangkan Desa Lenggang. Arahnya adalah diharapkan dapat memberdayakan warga setempat.
“Itu konsep desa wisata Desa Lenggang. Mudah-mudahan lah dapat memberdayakan warga setempat,” ujarnya.
Evo menambahkan, satu kawasan wisata Desa Lenggang, kini lengkap dengan adanya objek tersebut, wisatawan bisa ke Replika SD Laskar pelangi, Museum Kata Andrea Hirata, bangunan rumah keong (Dum), dan bendungan Pice. Ai??(rianta).

Ai??

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *