Polres Bateng Gerak Cepat, Begal dan Penadah Langsung “Menyerah”

KoranForum.Com, Koba, Bateng ai??i?? Kinerja Pimpinan dan Jajaran Polres Bangka Tengah (Bateng) layak diberikan acungan dua jempol. Pasalnya, gerak cepat yang dilakukan oleh aparat Polres Bateng, berhasil menangkap pelaku dan penadah yang biasa beroperasi di wilayah Bateng.

Sebelumnya, Warga Koba dan Kecamatan Payung di Kabupaten Bateng, sempat diresahkan oleh prilaku kelompok begal, yang menggunakan senjata api dan senjata tajam, dalam melakukan aksi kriminalnya belakangan ini .

Modus pelaku dalam melakukan aksinya, biasanya dengan berbocengan menggunakan sepeda motor, sambil mencari ai???mangsaai??? dari kalangan remaja yang sedang duduk ditempat yang sepi. Jika mendapati suasana demikian, pelaku dengan nekad dan berani menodongkan senjata api dan pisau kepada korbannya, lalu memaksa korban untuk menyerahkan handphone dan dompet korban.

Kemudian, setelah mendapatkan keinginannya, pelaku pergi meninggalkan korbannya. Lalu, pelakupun melakukan aksi yang sama ditempat berbeda. Setelah mendapatkan barang hasil menodong, barangAi?? tersebut di jual kepada oknum penadah berinisial WHY, yang merupakan oknum penadah hasil curian yang masih dibawah umur.

Sedangkan menurut pengakuan DDK, yang merupakan otak kejahatan kelompok ini, senjata Api rakitan didapatnya dengan membeli dari HR, yang beralamat di Kabupaten Prabumulih Provinsi Sumatera Selatan, yang juga merupakan kakak kandung dari pelaku lain, RL,Ai?? seharga Rp 2,5 Juta.

Saat melakukan aksinya, DDK Ai??sempat melepaskan tembakan di lokasi Pantai Tanjung Langka, pada tanggal 14 juli 2016 lalu, dikarenakan korban yang ditodongnya sempat melakukan perlawanan. Namun untung saja, kejadian itu tidak sampai menelan korban jiwa.

Informasi yang didapat KoranForum, untuk memperlancar aksinya, kelompok ini menggunakan kendaraan motor, Ai??yang ternyata motor ini juga merupakan hasil curian, di Desa Payung Kabupaten Bangka Selatan (Basel).

Sementara itu, informasi yang disampaikan oleh Kabg Ops Polres Bateng Kompol Nur Samsi SH, MH, didampingi KBO Sat Reskrim Polres Bateng Iptu M.Hafid Firmansyah SIK, Ai??seizin Kapolres Bateng, mengatakan, kurang dari dua hari kelompok ini berhasil diringkus oleh Polres Bateng. Kelompok ini, merupakan pelaku spesialis curas yang meresahkan masyarakat di Kecamatan Koba dan Kecamatan Puding. Pelaku yang berjumlah lima orang ini, juga merupakan spesialis pelaku curas yang sempat meresahkan masyarakat di Kecamatan Payung. Setidaknya, pelaku begal ini telah melakukan aksinya sebanyak 8 kali, rinciannya, Daerah Pantai Tanjung Ai??Langka Kecamatan Koba sebanyak 2 kali. Daerah Pantai Arung Dalam Kecamatan Koba, sebanyak 3 kali. Daerah Water Boom Tirto Nimolo Pantai Terentang, sebanyak satu kali, serta Daerah Payung Kabupaten Bangka Selatan, sebanyak 2 kali .

Adapun lima orang pelaku tersebut, yaitu Ai??AMTAi?? (32 Tahun), HM (19 Tahun), DDK (23 Tahun), RL (22 Tahun), serta WHY (15 Tahun). Barang bukti yang berhasil disita yaitu, satu pucuk senjata api rakitan warna hitam, 4 butir amunisi, satu bilah pisau beserta sarungnya berwarna coklat, satu buah jaket warna merah, 10 handphone berbagai merk, serta satu unit sepeda motor. Semua barang bukti ini, diamankan di Mapolres Bangka Tengah.

ai???Kelompok ini, bakal dijerat pasal 365 (1) KUHP, Pasal 1 (1) JO pasal 2 (1) dan pasal 64 (1) UU Nomor 12/DRT/1951 tentang senjata api, dengan maksimum hukuman 9 tahun penjara dan hukuman mati, atau seumur hidup. Lalu, dijerat juga dengan pasal 1 (1) UU Nomor 12/DRT/1951 tentang senjata api. Khusus untuk Saudara WHY, yang Ai??diduga bertindak sebagai penadah, bakal dijerat pasal 365(1) JO pasal 55 KUHP, dengan ancaman pidanaAi?? sembilan tahun penjara,” pungkasAi??Kompol Nur.Ai??(ricky amanda)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *