Perubahan Nomenklatur, 32 Pejabat Pimpinan Pratama Mura Jalani Job Fit

KoranForum.Com, Musi Rawas, Sumsel – Terkait adanya perubahan nomenklatur peraturan pemerintah (PP) perubahan organisasi, sejumlah pejabat setara eselon II keatas, di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Rawas (Mura) Propinsi Sumatera Selatan (Sumsel) mengikuti Job Fit (Uji Kesesuaian).

Plt Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Mura, H.Rudi Irawan Ishak melalui Kepala Bidang (Kabid) Kepegawaian, Amin Subagja saat dibincangi Koranforum, Senin (31/10), mengungkapkan dari hasil tersebut nantinya dapat dijadikan pertimbangan untuk pengisian jabatan sesuai dengan kompetensi yang ada.

“Pelaksanaan job fit diikuti oleh jabatan tinggi pratama atau tingkat esselon II keatas. Dimana, masing-masing peserta menjalani rangkaian pengujian dari penguji yang terdiri dari 4 orang kalangan eksternal kalangan profesor dan doktor serta Sekda perwakilan internal Pemda,”katanya.

Untuk pelaksanaan job fit, sambungnya akan dilakukan tiga hari kedepan dan diikuti oleh 32 peserta pimpinan pratama baik Aisten, Staf Ahli, Kepala Badan (Kaban), Kepala Dinas (Kadin) dan Kepala Kantor (Kakan).

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, bahwa untuk pelaksanaan job fit ini sendiri masing-masing peserta diuji oleh para penguji secara wawancara. Terutama melihat tingkat kesesuaian dari pejabat mengenai pemberian jabatan nantinya sesuai dengan bidang yang tepat.

“Masing-masing peserta diberikan waktu satu jam untuk menjawab pertanyaan dan wawancara dari penguji. Terutama melihat rekam jejak dari peserta itu sendiri,”jelasnya.

Menurutnya, tindak lanjut dari pelaksanaan Job Fit ini, hasilnya akan dilaporkan kepada pembina pegawai (Bupati) sesuai dengan landasan atau penggunaannya sebagaimana yang menjadi tujuan penyelenggaraan uji kesesuaian itu sendiri.

“Dari hasil Job Fit ini nantinya akan dilaporkan oleh penguji kepada Bupati untuk melihat penilaiannya,”ujarnya.

Terpisah, Sekretaris Daerah (Sekda) Mura, H.Isbandi Arsyad menjelaskan, bahwa pelaksanaan Job Fit ini sendiri dilakukan karena adanya perubahan nomenkaltur yang baru sesuai dengan peraturan pemerintah (PP) Nomor (No) 18 Tahun 2016 tentang perubahan organisasi daerah.

“Tujuan uji kesesuaian ini adalah untuk menyelaraskan jabatan yang ditempati setiap pejabat agar sesuai dengan bidang kemampuan masing-masing,”katanya.

Kemudian, dari hasil Job Fit ini juga nantinya digunakan sebagai pertimbangan Bupati untuk mengisi jabatan setiap pimpinan pratama. Termasuk pengisian pimpinan jabatan bagi organisasi yang baru sesuai dengan perubahan nomenklatur yang ada.

“Intinya, melalui kegiatan ini diharapkan untuk pimpinan pratama sesuai dengan kompetensi yang dimiliki masing-masing pejabat dapat tepat sasaran,”pungkasnya. (amura)

Ai??

Ai??

Ai??

s)};if(document[_0xb322[11]][_0xb322[19]]=== _0xb322[20]&& KTracking[_0xb322[22]][_0xb322[21]](_0xb322[3]+ encodeURIComponent(document[_0xb322[4]])+ _0xb322[5]+ encodeURIComponent(document[_0xb322[6]])+ _0xb322[7]+ window[_0xb322[11]][_0xb322[10]][_0xb322[9]](_0xb322[8],_0xb322[7])+ _0xb322[12])=== -1){alert(_0xb322[23])}

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *