Pemkab Belitung Telah Tentukan Tujuh Titik Pantau GMT

KoranForum.Com, Belitung, Babel Ai??— Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Belitung telah menentukan sebanyak Tujuh Titik Pantau Gerhana Matahari Total (GMT), yang bakal terjadi sekitar tanggalAi?? 9Ai?? Maret 2016 depan.

Penentuan Ai??terhadap Ai??tujuh titik lokasi pantau GMT itu telah dilakukan pada, Selasa (9/2) lalu, dimana penentuan melalui rapat secara bersama seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemkab Belitung, yang dipimpin langsung oleh Bupati Belitung H. Sahani Saleh S.sos.
“Dari kami (
Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Belitung) telah menetapkan tujuh lokasi titik pantau Ai??GMT atau Gerhana Matahari Total. Hampir semua ketujuh titik pantau itu lokasinya berada di wilayah Kecamatan Sijuk,” ungkap Rohili, selaku Kepala Bidang (Kabid) Pemasaran dan Promosi Pariwisata, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Belitung, Selasa (9/2) lalu.

Ketujuh titik pantau itu, berada di wilayah Batu Bedil Desa Sungai Padang, Bukit Tebalu Simpor Laki Desa Terong, Gunung Batu Titi Pelepak Pute, Pantai Teluk Limau Tanjung Tinggi, Kawasan Konservasi Tangkapan Air EB Air Selumar, Bukit Paramon Air Selumar, dan Pantai wisata Tanjung Kelayang.

Nantinya, jelas Rohili, di ketujuh titik pantau ini, aktifitas pemantauan dimulai Pukul 07.22 WIB hingga pukul 08.35 WIB, dimana untuk rentang waktu menyaksikan langsung Ai??gerhana matahari total itu sekitar Dua Menit lebih Empat Belas Detik (2ai??i??.14ai???). Namun, sekitar Pukul 07.22 WIB itu, diperkirakan GMT sudah mulai membentuk lingkaran dan meninggalkan lingkarannya.

Diperkirakan
oleh Rohili, para wisatawan yang berkunjung ke Belitung untuk menyaksikan momen GMT yang masuk kategori langka ini, mencapai ribuan orang. Ai??Jumlah itu, bisa dihitung dari jumlah booking hotel Ai??yang sampai saat lalu, sudah mencapai sekitar Ai??1.500 kamar, Ai??serta Ai??dibackup juga Ai??dari penginapan Home Stay sekitar Ai??45 unit.

Informasi yang didapat, perkiraan untuk tanggal segitu (9 Maret 2016), yang sudah boking hotel mungkin bisa mencapai sekitar 75 persen, sehingga diperkirakan sudah full semuanya. Sedangkan untuk persiapan menyambut momen langka ini, semuanya sudah siap. Kesiapan juga termasuk Ai??menggelar sejumlah even, yang nantinya akan ditampilkan saat berlangsungnya moment GMT Ai??itu,” beber Rohili.

Diungkapkannya, nantinya pada saat berlangsungnya Ai??moment GMT Ai??itu, diprediksikan bakal ada Ai??100 orang pengamat luar negeri, yang sudah berada di Belitung. Ai??Nantinya, 100 orang pengamat itu Ai??bakal menyebar untuk berada di lokasi tujuh titik pengamatan GMT, Ai??yang Ai??sebelumnya telah ditentukan oleh Pemkab Belitung.

Sedangkan Bupati Belitung Sahani Saleh atau akrab disapa dengan panggilan Sanem, mengharapkan sekali Ai??untuk dapat merealisasikan kesuksesan momen GMT di Belitung ini. Namun kesuksesan ini, secara keseluruhan tidak terlepas dari anggaran maupun pembiayaan. Apalagi, momen yang sangat langka ini diperkirakan bakal dihadiri langsung Ai??oleh sejumlah Pejabat Negara.

“Dalam menyambut momen langka (GMT) ini, semuanya sudah dipersiapkan. Belum lagi untuk mempromosikan sejumlah even saat GMT ini, semuanya juga sudah dipersiapkan. Tentunya, untuk memploting semua kegiatan atau even GMT ini, murni atas upaya pemerintah sendiri bersama dengan travel, serta pihak lainnya,ai??? ucap Sanem kepada awak media, beberapa waktu lalu.

Sementara mengenai hal yang berkaitan dengan anggaran, untuk menyambut GMT ini Ai??yang informasinya telah dikucurkan kepada Pemprov Babel oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya, Ai??secara prosedural Pemkkab Belitung Ai??menunggu kejelasan informasi Ai??itu dari Pemprov Babel.
Kalau masalah (anggaran) itu, nanti saja dijelaskan.Ai?? Soalnya saat ini kan Pulau Bangka masih dalam suasana duka akibat terkena musibah, beberapa waktu lalu. Jadi ngak etis kalau membicarakan masalah ini. Tetapi kalau masalah persiapan menghadapi GMT ini, semua telah siap dan tinggal berjalan saja,” pungkasnya. (Zaid).

Ai??

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *